Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 23:46 WIB

Teror Ait Keras Di Jakarta Barat

Pelaku Siram Korban Dengan Soda Api, Ini Efeknya

Sabtu, 16 November 2019 | 21:57 WIB
Pelaku Siram Korban Dengan Soda Api, Ini Efeknya
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kabid Kimbiofor Puslabfor Bareskrim Polri, Kombes Pol Andi Firdaus menyebut hasil olah TKP yang dilakukan Puslabfor Polri di Kebon Jeruk dan Kembangan, bahan cairan tersebut identik di tiga lokasi tersebut.

"Hasil pemeriksaan di lokasi dan barang bukti, kita temukan bahan yang sama atau identik di tiga lokasi itu, yaini sida api, Natrium Hidroksida atau lebih dikenal soda api. Ini termasuk bahan berbahaya karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit bila disiramkan ke kulit," katanya kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (16/11/2019).

Adapun efeknya bisa membuat kulit iritasi dan memerah, itu pun saat kadar konsentrasinya ringan. Jika kadar konsentrasinya tinggi, bisa membuat kulit melepuh, sama halnya saat disiram air mendidih

"Dari hasil pemeriksaan kita, cairan yang digunakan itu konsentrasinya tak tinggi sehingga hanya membuat kulit iritasi saja merah-merah. Jadi akan sehat sendiri atau oleh dokter di kasih obat gitu yah, bisa cepat sembuh" terangnya.

Dia menambahkan, bila sampai masyarakat terkena soda api, diminta untuk tak mengusap-usap bagian yang terkena cairan tersebut. Cara termudah untuk mengantisipasinya dengan menyiramkan bagian tersebut dengan air sehingga cairan itu bisa mengencer dan konsentrasinya memudar.

Komentar

Embed Widget
x