Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 06:50 WIB

Pimpinan DPRD Diharap Segera Tetapkan Wagub DKI

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 6 Oktober 2019 | 10:06 WIB
Pimpinan DPRD Diharap Segera Tetapkan Wagub DKI
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direkturt Laboratorium Politik FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Usni Hasanudin menyayangkan posisi Wakil Gubernur DKI yang masih kosong sampai sekarang. Meski Gubernur DKI Anies Baswedan mampu bekerja dengan baik tanpa pendamping, tapi secara sistem politik itu tidak baik.

"Sangat disayangkan kalau kekosongan posisi Wagub DKI terus berlarut. Memang Anies telah menjalankan kinerja dengan baik, tapi dari perspektif pemerintahan maupun sistem politik itu tidak baik," kata Usni di Jakarta, Minggu (6/10/2019).

Menurut dia, Anies tidak boleh hanya menonjolkan sosoknya saja tapi harus juga memberikan edukasi politik atau pendidikan politik kepada masyarakat. Sebab secara sistem pemerintahan, pendidikan politik itu jauh lebih penting.

"Supaya dibalik kesuksesan Anies dalam membangun Jakarta, harus seiring sejalan dengan edukatif politik masyarakat," ujar Ketua Bidang Politik dan Hubungan antar Lembaga Bamus Betawi ini.

Memang, Usni mengakui dalam perundangan tidak diharamkan kekosongan posisi Wakil Gubernur DKI sejak ditinggalkan oleh Sandiaga Salahuddin Uno. Bahkan, tidak menutup kemungkinan itu dibolehkan.

"Tetapi, akan menjadi yurisprudensi dan pendidikan politik yang kurang baik. Bisa saja kasus DKI dicontoh daerah lain, kalau Jakarta hanya memiliki kepemimpinan tunggal," jelas dia.

Oleh karena itu, Usni menyarankan kepada Anies, anggota maupun Pimpinan DPRD Provinsi Jakarta periode 2019-2024 dan partai pengusung segera mengambil keputusan untuk menetapkan pengganti Sandi sebagai Wakil Gubernur DKI.

"Dengan keanggotaan DPRD dan Pimpinan DPRD yang baru, tugas yang harus segera diselesaikan adalah mendukung kinerja Anies untuk segera menetapkan pengganti Sandiaga Uno," tandasnya.[ris]

Komentar

Embed Widget
x