Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 06:36 WIB

Polusi Pabrik Aluminium di Jakut Tunggu Alat Bukti

Oleh : Happy Karundeng | Kamis, 19 September 2019 | 19:05 WIB
Polusi Pabrik Aluminium di Jakut Tunggu Alat Bukti
Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Polisi dalam waktu dekat akan menetapkan tersangka terkait dugaan pelanggaran terkait polusi udara yang disebabkan pabrik aluminium di kawasan Jakarta Utara.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto menyatakan sejauh ini satu pemilik perusahaan dan empat karyawan yang telah diperiksa statusnya masih saksi.

Sebelum pihaknya menyegel pabrik dan memasang garis polisi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebenarnya sudah memberikan peringatan ke pemilik perusahaan.

Sayangnya, peringatan tersebut tak pernah diindahkan pihak pabrik. Mereka malah tetap asyik beroperasi. Padahal peringatan dilakukan dari SP1 sampai SP3.

"Tinggal untuk penentuan tersangkanya kami membutuhkan alat bukti yang lain dan butuh keterangan yang lainnya," katanya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (19/9/2019).

Polisi nantinya akan bekerja sama dengan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara guna menyelidiki pabrik aluminium lain yang diduga melanggar aturan terkait polusi udara. Sejauh ini ada empat yang disegel.

Tapi, data yang ada sekarang adalah hasil pemeriksaan Sudin LH pada tahun 2017 silam. Alhasil, pihaknya perlu menunggu data terbaru yang bakal digunakan sebagai bukti tambahan. Meningat kasus juga sudah masuk tahap penyidikan

"Jadi kami sudah berkoordinasi dengan Sudin LH, kami sudah mendapatkan data adanya pencemaran yang melebihi baku mutu," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x