Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 17:19 WIB

Hadapi Masalah Polusi, Anies Keluarkan Ingub

Oleh : Raiy Muhammad | Jumat, 2 Agustus 2019 | 21:02 WIB
Hadapi Masalah Polusi, Anies Keluarkan Ingub
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) untuk mengatasi permasalahan polusi yang belakangan menjadi sorotan, Jumat (2/8/2019).

Arahan Anies ini tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Salah satu poin yang ditekankannya ialah rencana perluasan wilayah ganjil-genap.

Instruksi perluasan ganjil-genap ini tercantum pada poin 2 bagian pertama. Anies mengharapkan agar warga berpartisipasi besar dalam hal ini.

"Mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara melalui perluasan kebijakan ganjil-genap sepanjang musim kemarau," tulis Ingub tersebut.

Selain itu, Anies juga menginstruksikan dilakukannya peningkatan tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal mulai tahun 2019.

"Serta kebijakan congestion pricing yang dikaitkan pada pengendalian kualitas udara pada tahun 2021," lanjut instruksi gubernur.

Mantan Mendikbud ini turut memerintahkan jajarannya mengoptimalkan penghijauan serta merintis peralihan ke energi terbarukan dengan memasang panel rooftop pada seluruh gedung sekolah, gedung pemerintah, dan gedung fasilitas kesehatan pemerintah.

Selain itu, ingub ini juga memuat perintah Anies kepada jajarannya supaya memastikan agar tak ada angkutan umum berusia di atas 10 tahun yang masih beroperasi.

"Memperketat ketentuan uji emisi, mendorong peralihan moda transportasi pribadi ke umum, meningkatkan kenyamanan pejalan kaki, serta memperketat pengendalian polutan tidak bergerak, khususnya cerobong asap industri," lanjut instruksi Anies.

Mantan Mendikbud ini juga memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI menyiapkan peraturan gubernur (pergub) menyiapkan revisi Pergub tentang Tarif Parkir Tahun 2019.

"Serta menyiapkan rancangan peraturan daerah (perda) tentang congestion pricing pada 2020," tandas Ingub yang ditekan Anies 1 Agustus ini. [adc]

Komentar

Embed Widget
x