Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 16:53 WIB

Langkah Anies Hadapi Sidang Gugatan Kualitas Udara

Oleh : Raiy Muhammad | Rabu, 31 Juli 2019 | 19:15 WIB
Langkah Anies Hadapi Sidang Gugatan Kualitas Udara
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat akan menyidangkan gugatan kelompok masyarakat Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibukota) terhadap Gubernur Anies Baswedan, Kamis (1/8/2019).

Melalui gugatan yang diterima PN Jakpus Kamis (4/7) dengan Nomor Perkara 374/Pdt.G/LH/2019/PN.Jkt.Pst itu, tidak hanya Anies yang digugat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Gubernur Banten Wahidin Halim juga masuk pihak yang digugat.

Gugatan disampaikan lantaran dinilai para pemimpin lalai menjaga kualitas udara dan lingkungannya, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bagi masyarakat.

Menyikapi hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapinya dengan tenang. Ia menyebut selama ini pihaknya sudah biasa digugat oleh masyarakat.

"DKI rutin menerima gugatan itu. Memang dalam musim panas seperti ini, kualitas udara di Jakarta memang bisa dibilang poluted," kata Anies di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2019).

Saat ditanyakan kemungkinan dirinya akan hadir dalam sidang esok, ia tak menjawabnya secara gamblang. Namun, dirinya memastikan sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk menyikapinya.

"Sudah kami siapkan dan nanti saya umumkan kalau sudah lengkap. Nanti akan kita gunakan langkah-langkah untuk menangani ini. Memang biasanya saya datang sendiri (kalau ada gugatan)?" tuturnya. [adc]

Komentar

Embed Widget
x