Find and Follow Us

Kamis, 27 Juni 2019 | 05:36 WIB

3 Bus Listrik Bakal Beroperasi Sementara

Oleh : Willi Nafie | Senin, 29 April 2019 | 15:42 WIB
3 Bus Listrik Bakal Beroperasi Sementara
(Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - PT. Transportasi Jakarta telah melakukan uji coba bus listrik pertama di Jakarta.

Ada tiga unit bus yang dioperasikan dalam uji coba yang dimulai dari Balaikota DKI Jakarta melewati Jl. MH. Thmarin, Sarinah, Bunderan HI lalu kembali ke Balaikota DKI tersebut.

Uji coba ini dilakukan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono dan Direktur Operasi TJ Daud Joseph.

Pada kesempatan ini, Anies mengatakan bahwa 3 bus yang telah diujicoba tersebut belum dapat digunakan untuk melayani rute rute Transjakarta seperti biasanya, karena masih dalam proses pengurusan Izin administrasi.

"Kalau secara safety dan teknis bus sudah siap tapi secara administratif masih ada harus pengurusan pengurusan yang diselesaikan," jelas Anies, Senin (29/4/2019).

Pengakuan Anies, saat uji coba tidak terdengar suara bising dari bus listrik lalu tidak mengeluarkan asap, sehingga tak ada efek pada kualitas udara di Jakarta.

Meski demikian, lanjut Anies, 2 bus listrik tersebut nantinya akan beroperasi sementara, melayani di sekitar Monas sebagai eksebisi. Hal ini dilakukan sehingga semua bisa mencoba dan merasakan.

"Nah secara administrasi sekarang sedang dalam proses mudah-mudahan bulan Juni telat nya Juli administrasinya selesai lalu nanti akan bisa operasional. Nah kita ingin juga nanti menambah baru-baru 3 pertama. di bulan-bulan awal insya Allah bisa sampai 10 nantinya. 10 dulu kemudian sambil kita siapkan proyeksi utk menggunakan semua bus tj menggunakan listrik," pungkasnya. [rok]

Komentar

x