Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Maret 2019 | 15:42 WIB

Anies Beberkan Kecanggihan Stadion Jakarta

Oleh : Willie Nafie | Jumat, 15 Maret 2019 | 06:33 WIB

Berita Terkait

Anies Beberkan Kecanggihan Stadion Jakarta
(Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Melalui BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Pemprov DKI mengembangkan Kawasan Olahraga Terpadu berkelas dunia dengan Kick Off pembangunan Jakarta International Stadium di kawasan Jakarta Utara.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis melakukan Kick Off sebagai penanda pembangunan stadion tersebut."Perjalanan menuju pembangunan ini panjang dan berliku, (untuk itu) saya apresiasi semua pihak yang telah terlibat di dalam proses pembangunan stadion ini," ujar Anies.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto mengatakan persiapan dan pengembangan lahan proyek pembangunan stadiom hampir tuntas. Pelaksanaan konstruksi secara fisik dilaksanakan dalam waktu 3 pekan setelah kick off.

"Bangunan dan kawasan stadion dirancang untuk siap disertifikasi green building (greenship) dengan target grade platinum. PT Jakpro sebagai BUMD Pelaksana Penugasan Pembangunan Jakarta International Stadium melalui Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2019," tuturnya.

Untuk diketahui, kedudukan Jakarta International Stadium berada pada lokasi yang sangat strategis di wilayah Utara Jakarta yang dapat dicapai dengan menggunakan moda transportasi umum, seperti Commuterline, Transjakarta, LRT, MRT. Selain itu, lokasi stadion ini juga dilalui jalan tol inner dan outter ring road sehingga menambah nilai strategis kawasan. Dengan terbangunnya stadion ini, Pemprov DKI Jakarta akan memiliki 3 (tiga) fasilitas olahraga berstandar internasional, yaitu Jakarta International Velodrome, Jakarta International Equistrian Park, dan Jakarta Internatonal Stadium.

Adapun fitur-fitur unggulan dari Jakarta International Stadium sebagai berikut:
1. Lokasi: Akan dilayani oleh 4 moda transportasi umum di Jakarta, mulai dari Commuterline, Transjakarta, MRT, dan LRT.

2. Luas: Memiliki luas sekitar 221.000 m2

3. Kapasitas: Kapasitas jumlah penonton sekitar 82.000 orang

4. Perhatian terhadap Difabel: Memberi perhatian khusus kepada kelompok Difabel dengan menyediakan 200 tempat duduk, 24 lot parkir kendaraan, 25 lokasi toilet khusus difabel

5. Parkir: Parkir yang tersedia diprioritaskan bagi VVIP, VIP, atlet, dan official. Tersedia sekitar 800 lot parkir mobil dan 100 lot parkir bus

6. Atap Buka-Tutup: Fitur ini disediakan agar stadion juga dapat digunakan untuk kegiatan pertunjukan indoor, seperti konser musik

7. Fungsi Sosial: Selain mengakomodir fungsi olahraga, pembangunan stadion ini juga memperhatikan fungsi socsal bagi masyarakat sekitar, seperti penyediaan area dengan fungsi urban farming

8. Public Open Space sebagai Plasa Shalat: Akan memiliki ruang terbuka publik berupa Plasa yang luas yang terintegrasi dengan Taman BMW dan Danau Sunter Utara. Desain Plasa berbetuk garis-garis yang dapat berfungsi sebagai shaf shalat, sehingga bila dibutuhkan, Plasa dapat digunakan sebagai area shalat berjamaah. Integrasi ruang terbuka publik pada area stadion dengan area Danau Sunter Utara mejadikan area stadion memiliki lokasi bagi wisata air, sehingga menciptakan suasana fasilitas olahraga yang menyatu dengan alam.

Komentar

Embed Widget
x