Find and Follow Us

Rabu, 22 Mei 2019 | 11:54 WIB

Bantuan Laptop Mudahkan Siswa Hadapi UNBK

Oleh : Aris Danu | Jumat, 8 Februari 2019 | 17:40 WIB
Bantuan Laptop Mudahkan Siswa Hadapi UNBK
(Foto: inilahcom)

INILAH.COM, Jakarta - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan berlangsung pada 22-25 April 2019. Kemendikbud telah menerapkan sistem ujian akhir bagi Sekolah Menengah Pertama dengan sistem UNBK atau computer based system. sejak tiga tahu silam.

Saat ini, kendala sekolah terkait UNBK adalah keterbatasan kepemilikan laptop yang belum merata bagi semua siswa. Oleh karenanya, beberapa sekolah kemudian berusaha membantu dengan penyediaan laptop bagi siswa untuk bisa mengikuti UNBK.

Seperti misalnya SMPN 68 Jakarta. Sekolah yang tahun lalu menyabet nomor 9 dari 10 besar hasil UNBK tertinggi di Jakarta ini cukup beruntung karena baru saja menerima bantuan berupa fasilitas Laptop dari Kiostix.

"Ada 234 siswa kami yang akan mengikuti UNBK tahun ini. Adanya bantuan berupa perangkat laptop sangat membantu kelancaran pelaksanaan UNBK," kata Sutarjo, Wakil Kepala Sekolah SMPN 68 Cipete, Jakarta Selatan, dalam keterangannya, di Jakarta.

Sutarjo menjelaskan bahwa akan dilakukan serangkaian simulasi agar siswa dapat berlatih dan terbiasa dengan sistem ini.

"Sebelum ujian akhir UNBK pada April nanti, kami mengadakan simulasinya pada Februari ini, dan latihan gladi bersih pada Maret nanti. Laptop bantuan akan kami manfaatkan pada ketiga tahap itu," katanya.

Menurut Sutardjo, ada empat mata pelajaran yang akan diujikan dalam UNBK nanti dilatih dalam simulasi UNBK ini. Yakni pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. Masing- masing siswa diharuskan menyelesaikan setiap materi ujian dalam waktu 120 menit selama kegiatan simulasi berlangsung.

"Semoga kegiatan ini bisa membantu siswa semakin siap dalam menghadapi UNBK nanti," katanya.

Vice President Sales dan Partnership KiosTix Andhika Soetalaksana mengatakan bahwa perusahaan manajemen tiket KiosTix mendukung pelaksanaan UNBK dengan melengkapi kebutuhan melalui pemberian laptop siswa-siswi di SMPN 68.

"KiosTix senang dan bangga bisa membantu menyediakan laptop untuk mengikuti ujian UNBK bagi para siswa di SMPN 68. Ini merupakan salah satu bentuk dari program tanggung jawab sosial perusahaan. Kami berharap melalui kegiatan ini bisa membantu para siswa sekolah menengah bisa mengikuti UNBK dengan lancar dan berprestasi," kata Andhika.

Komentar

Embed Widget
x