Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 20:17 WIB

Anies Ganti Nama OK O-Trip Jadi Jak Lingko

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 8 Oktober 2018 | 11:32 WIB

Berita Terkait

Anies Ganti Nama OK O-Trip Jadi Jak Lingko
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan resmi meluncurkan program Jak Lingko menggantikan nama program OK O-Trip bekerja sama dengan Organisasi Angkutan Daerah (Organda), LRT, MRT dan Dishub DKI pada Senin (8/10/2018).

"Hari ini adalah hari bersejarah karena untuk pertama kalinya angkutan umum yang dikelola oleh pemerintah bersinergi bersama dengan 11 angkutan umum mikro yang selama ini sudah berjalan di masyarakat," kata Anies.

Ia menjelaskan nama Jak merupakan nama dari Jakarta, sedangkan Lingko artinya jejaring atau pengintegrasian. Menurut dia, ini diambil dari jenis pengelolaan pengairan sawah di Manggarai, Nusa Tenggara Timur dimana sistemnya adalah sistem seperti jejaring laba-laba.

"Jak Lingko ini sebuah kosa kata baru dalam Bahasa Indonesia. Nanti dalam KBBI sudah disepakati oleh badan bahasa akan dipublikasikan akhir Oktober bersama ratusan kosa kata baru," ujarnya.

Anies ingin nama sistem transportasi massal terintegrasi itu mencerminkan maknanya namanya Jak Lingko, begitu dengar langsung tahu maknanya. Karena, makna Jakarta Lingko dalam bahasa Inggris tersambungkan.

"Nah, kita berharap nantinya benar-benar warga Jakarta berangkat dari mana saja, menuju tujuan mana saja di DKI Jakarta dengan menggunakan sistem transportasi umum Jak Lingko ini," tandasnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x