Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 September 2018 | 03:13 WIB

Pilot Ini Diduga 'Sogok' Pengujinya dengan Sabu

Oleh : Happy Karundeng | Minggu, 5 Agustus 2018 | 18:01 WIB

Berita Terkait

Pilot Ini Diduga 'Sogok' Pengujinya dengan Sabu
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Ditresnarkoba Polda Metro Jaya berhasil membekuk dua oknum pilot terkait penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Kedua pelaku adalah adalah GS dan BC. GS merupakan Pilot Regent maskapai Bangladesh dan BC adalah oknum PNS Kemenhub di Ditjen Perhubunagan Udara yang di BKO pilot.

Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak menjelaskan, transaksi narkoba antara GS sebagai pilot penerbangan asal Bangladesh dan GC yang juga jadi penguji pilot ini sudah berlangsung sebanyak tiga kali. Saat ditangkap GS tengah mengikuti uji simulator tahunan yang diawasi BC.

"Barang bukti sabu yang diberikan tersangka GS kepada BC itu atas inisiatif permintaan BC. Jadi saat penyerahan itu ada tes simulasi di Jakarta. Tes simulasi ini untuk menyerahkan ke pengujinya yaitu BC," katanya di Mapolda Metro Jaya, Minggu (5/8/2018).

"Jadi kesempatan itu dimanfaat memberikan sabu. Memang yang bersangkutan bisa menentukan kelulusan GS. ini tertuang dalam berita Pemeriksaan kedua tersangka, jadi ini berdasarkan BAP," sambungnya.

Meski demikian Calvijn enggan menyebut sabu itu adalah bagian dari gratifikasi agar diluluskan.

"Jadi momennya itu saat dia uji simulasi, saya tidak menyimpulkan apa-apa. Tapi ketepatan dia lagi uji tes simulasi. Kami belum temukan (laporan dari rekan pilot) tapi akan kami selidiki," ujarnya.

Ia menjelaskan barang bukti sabu yang diberikan tersangka GS kepada BC itu atas inisiatif permintaan BC.

"Jadi BC menunggu di lapangan parkir (Halim Perdana Kusuma) sampai GS datang. Itu bunyi di chat WAnya. Jadi kelihatan memang nunggu sampai di mana dan sebagainya," bebernya.

Berdasarkan BAP, tersangka GS yang merupakan pilot di penerbangan Bangladesh harus tes simulator 6 bulan sekali.

"Jadi saat di Jakarta, 2 hari yang lalu, dia menggunakan. Dia juga mengakui sudah 4 tahun konsumsi barang ini," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan pihaknya berhasil membekuk dua oknum pilot terkait penyalahgunaan narkoba. Kedua pelaku adalah adalah GS dan BC.

GS merupakan Pilot Regent maskapai Bangladesh dan BC adalah oknum PNS Kemenhub di Ditjen Perhubunagan Udara yang di BKO pilot. [hpy]

Komentar

Embed Widget
x