Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 00:53 WIB
 

Ini Kronologi Pengungkapan Sabu Dalam Sandal

Oleh : Happy Karundeng | Jumat, 8 Juni 2018 | 23:29 WIB
Ini Kronologi Pengungkapan Sabu Dalam Sandal
(Foto: inilahcom/Happy K.)

INILAHCOM, Jakarta - Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan sindikat pengedar 3 Kg Sabu jaringan Pontianak-Surabaya-Jakarta sudah menjalankan aksinya sebanyak 9 kali.

Para pelaku sudah menjadikan penyelundup sebagai profesinya. "Para pelaku ini sudah melakukannya sebanyak 9 kali dimana laporan yang kami dapat berawal dari bulan Maret dan kami melakukan penyelidikan atas laporan tersebut, setelah mengetahui para pelaku kami pun segera menangkap dan melakukan pengembangan hingga ke otak pelaku jaringan Pontianak-Surabaya, Pontianak-Jakarta," katanya di Mapolda Metro Jaya, Jumat (8/6/2018).

Ia menjelaskan, awalnya tim Subdit I mendapatkan info seringkali terjadi pengiriman sabu dari Pontianak ke Jakarta dengan cara membawa langsung via pesawat dibawa oleh wanita paruh baya dengan menggunakan sandal yang dipakainya.

"Kemudian Tanggal 25 Maret 2018 telah dilakukan penangkapan tersangka Budiyah dengan barang bukti 500 gram sehingga kita lakukan pengembangan," ungkapnya.

Selasa 29 Mei 2018 tim kembali lakukan penangkapan tersangka EM dan dilakukan pengembangan ke tersangka SA hingga ditemukan barang bukti 1500 gram sabu dengan 3 pasang sandal wanita yang telah dimodifikasi sebagai tempat penyimpanan sabu.

"Dari hasil interogasi tersangka EM dan SA maka dilakukan control delivery ke tersangka NR dan dilakukan penangkapan juga penggeledahan," tambah Jean Calvin.

Setelah itu, ia pun segera membentuk 2 Tim yaitu Tim Pontianak dan Tim Surabaya, pada pengembangan selanjutnya Tim Pontianak melakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap tersangka NR, HM, IT, dan didapati barang bukti 1000 gram sabu dan 2 pasang sandal wanita yang juga telah di modifikasi sebagai tempat penyimpanan sabu.

"Hasil dari interogasi bahwa barang tersebut akan di antar ke Surabaya oleh tersangka M dimana yang mengemas sabu tersebut kedalam sandal adalah tersangka M, dan Tim Surabaya pun segera melakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap tersangka M dan H (Otak Pelaku)," pungkasnya.[jat]

Komentar

 
x