Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 23:39 WIB

Anies Inginkan Sekolah Jadi Menyenangkan

Oleh : - | Sabtu, 12 Mei 2018 | 21:19 WIB
Anies Inginkan Sekolah Jadi Menyenangkan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) - (Foto: inilahcom/Dok)

INILAHCOM, Jakarta - Sekolah merupakan tempat peserta didik untuk dapat memperoleh pendidikan, di sana ada proses pembelajaran bagi anak-anak.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap agar sekolah bukan semata menjadi sebuah lembaga formal tempat proses belajar-mengajar dalam sebuah sistem pendidikan. Sekolah-sekolah di Jakarta harus mampu menjadi wadah proses pembelajaran yang dapat menumbuhkan segala potensi yang dimiliki setiap anak-anak di Jakarta.
"Sekolah yang baik adalah sekolah yang menumbuhkan potensi anak, dan itu harus menyenangkan. Kepada para bapak-ibu guru, tolong jadikan sekolah menjadi sekolah yang menyenangkan. Kita semua yang berada di dunia pendidikan paham persis bahwa yang dibutuhkan dari semua sekolah adalah menjadikan anak-anak sebagai pembelajar," kata Anies dalam sambutannya di kegiatan Pentas Seni SDN Menteng 01, Jl. Besuki No. 4 Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/5/2018).
Disampaikan lebih lanjut oleh Gubernur Anies, salah satu untuk menumbuhkan potensi anak saat bersekolah adalah melalui pentas seni. Pentas seni merupakan kegiatan sekolah yang menyenangkan dan juga dapat membentuk kepercayaan diri anak-anak; kesemuanya itu merupakan proses pembelajaran, menjadi bekal setiap anak di masa mendatang.
"Pentas seni di depan panggung itu penting, moment yang sangat bermanfaat untuk pembentukan percaya diri anak kita. Dan pengalaman berada di atas panggung merupakan pengalaman yang unik bagi anak-anak. Pengalaman pentas ini menjadi bekal yang amat penting dikemudian hari. Kegiatan pentas seperti ini melatih seluruhnya bergerak. Berlatihnya, persiapannya, berada di panggung itu semua suatu proses pembelajaran," jelasnya.
Gubernur Anies juga mengingatkan agar orangtua turut berperan aktif dalam menumbuhkan potensi anak secara natural dan bertahap dengan proses, tanpa adanya paksaan. "Orang tua terlibat untuk kegiatan pembelajaran, interaksinya. Dan kalau ini dilakukan insya Allah akan luar bisa. Jangan pernah mendorong anak harus mempesona hari ini," tandasnya.
Di samping itu, Gubernur Anies turut mengapreasi pentas seni yang diselenggarakan di SDN tempat di mana dulu Mantan Presiden Amerika Barak Obama bersekolah. "Buat semua di sini insya Allah pengalamannnya menjadi bermanfaat. Terima kasih saya berkesempatan untuk hadir di tempat ini, selamat meneruskan proses pendidikan, terus belajar dan semoga sekolah ini terus menjadi persemaian manusia baru. yang insya Allah dapat melampaui mimpi, jangan hanya sekedar mengejar mimpi," pungkasnya. (*)

Komentar

Embed Widget

x