Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 15:06 WIB
 

Rocky Gerung Sebut Kasusnya Ajaib

Oleh : Happy Karundeng | Rabu, 25 April 2018 | 15:43 WIB
Rocky Gerung Sebut Kasusnya Ajaib
Pengamat politik Rocky Gerung - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik Rocky Gerung menilai kasus dugaan penistaan agama yang kini menjeratnya terkesan ajaib.

Untuk itu ia sengaja mengeluarkan maklumat agar para pelapor dan penyidik untuk bisa memahami pernyataanya.

"Ini supaya dimengerti. Bahwa ini kasus yang ajaib. Kan orang mesti hitung apa yang saya sebutkan," katanya di Cafe De Panna, Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018).

Ia menjelaskan pernyataan yang disampaikan beberawatu lalu sebenarnya tidak bisa diinterpretasi begitu saja tanpa memahami detil setiap kata. Pasalnya dalam pernyataannya tetang 'Kitab Suci Fiksi', ia mengawalinya dengan kata 'bila'. Ia lantas menuding ada motif lain oknum sengaja memotong pernyataanya.

"Nah orang potong kata 'bilanya'. Kalau saya bilang, orang yang motong kata bilanya berarti dia punya motif untuk menyelewengkan pernyataan saya," tudingnya.

Ia bahkan menyebut kasus yang menyeret namanya ini, masuk katagori norak. Ia mengaku bingung jika kasusnya diserer ke meja hijau. Khususnya apa pernyataan saksi nantinya.

"Bayangkan. Nanti di sidang itu argumentasinya apa oleh saksi? Masak mesti diterangkan satu kitab tebal soal logika dan fiksi menurut psikologi. Kan ajaib," selorohnya.

Untuk itu, ahli filsafat ini mengaku tak akan gentar menghadapi kasus yang kini membelenggunya itu. Ia bahkan meminta penegak hukum untuk tidak buang waktu untuk sesuatu yang fiktif.

"Saya ingatkan bagi penegak hukum, jangan buang-buang waktu dan tenaga untuk hal yang fiktif," tutupnya.

Diketahui Cyber Indonesia yang diwakili oleh Jack Lapian dan Permadani Arya melaporkan Rocky ke Polda Metro Jaya atas dugaan penyebaran ujaran kebencian.

Rocky dilaporkan atas pertanyaanya dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC), Selasa (10/4). Kala itu rocky bertanya "Kitab Suci fiksi atau bukan?," tanya Rocky Gerung. Sempat hening seketika, pertanyaan itu sontak disambut gelak tawa para hadirin usai Rocky menyambung "Siapa yang berani jawab?,".

Tidak lama, ahli Filsafat itu kembali melanjutkan kalimat yang sempat terputus "Kalau saya pakai definisi bahwa fiksi itu mengaktifkan imajinasi, Kitab Suci itu adalah fiksi, karena belum selesai, belum tiba itu, Babad Tanah Jawa itu Fiksi."

Tidak sampai 24 jam, Cyber Indonesia yang diwakili oleh Jack Lapian dan Permadani Arya segera mendatangi Mapolda Metro Jaya untuk melaporkan Rocky atas tuduhan tindak pidana menyebarkan ujaran kebencian.[jat]

Komentar

Embed Widget

x