Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 September 2018 | 14:35 WIB

Ganjil-Genap di Tol Bekasi, Jangan Main Tilang

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Senin, 12 Maret 2018 | 10:48 WIB

Berita Terkait

Ganjil-Genap di Tol Bekasi, Jangan Main Tilang
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta jajarannya untuk gencar mensosialisasikan penerapan kebijakan sistem ganjil-genap di tol Bekasi. Tito ingin tak ada tindakan tegas terlebih dahulu sebelum sosialisasi kebijakan ini diterima oleh seluruh masyarakat.

Hal itu disampaikan Tito saat jumpa pers di Mega City Mall pada penerapan kebijakan ganjil-genap di tol Bekasi yang dimulai pada Senin (12/3/2018) pagi. Tito didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, Direksi BPTJ dan Direksi Jasa Marga.

"Kita harus berempati kepada publik, merasakan kesulitan mereka. Sambil (kebijakan berjalan) sosialisasi diberlakukan, mungkin banyak yang belum tahu, jangan main tilang, jangan main tindak jika publik belum mendapat sosialisasi," ujar Tito di lokasi.

Tito mengatakan kemaceta di jalut tol Jakarta-Cikampek ini memang sudah menjadi masalah lama. Apalagi, dengan banyak pembangunan di jalut tol tersebut, kemacetan semakin mengular. Dia berharap kebijakan ini sebagai solusi untuk masyarakat bahwa pemerintah hadir di tengah kemacetan tersebut.

"Kemacetan di jalur tol Jakarta-Cikampek memang menjadi problema, ditambah adanya proyek pembangunan jalan besar LRT, tol cikampek sesi ll (elevated), dan akan dimulainya jalur kereta Jakarta - Bandung. Mudah-mudahan pembangunan ini selesai sesuai target," ujar Tito.

"Saya menerima banyak masukan bagaimana kemacetan (jalur tol Cikampek-Jakarta) bisa sampai Bandung bisa berjam-jam. Saya hanya berfikir ini apakah ada jalan lain, apa kita harus menyerah, saya hubungin pak Royke buat konsep, penyebabnya apa, cari alternatif untuk mensiasati, temukan solusinya, paling tidak mengurangi (kemacetan) agar masyarakat merasa bahwa negara hadir," imbuh dia.

Penerapaan sistem ganjil-genap ini akan berlaku mulai Senin (12/3/2018) pagi ini. Pengendara mobil berplat genap diperbolehkan masuk pada dua pintu tol tersebut, begitu juga sebaliknya. Pengendara berplat ganjil diperbolehkan masuk di dua pintu tol tersebut pada tanggal ganji.

Pemberlakuan sistem ganjil-genap ini akan dilaksanakan mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB. Namun, kebijakan ini tak berlaku untuk libur nasional.

Kebijakan ini menyasar mobil pribadi atau golongan I dan juga mobil angkutan barang atau golongan II. Angkutan barang yang sudah terlanjur masuk dua pintu tol tersebut diminta untuk keluar di pintu tol terdekat atau berhenti di rest area sampai waktu ganjil genap berakhir. Sementara pengendara yang berplat genap diminta untuk tidak masuk ke jalur tol. [rok]

Komentar

Embed Widget
x