Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 23:37 WIB

Longsor, Jalur Jakarta ke Puncak Ditutup Total

Oleh : - | Senin, 5 Februari 2018 | 12:22 WIB
Longsor, Jalur Jakarta ke Puncak Ditutup Total
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Jakarta - Hujan deras yang berkepanjangan di kawasan Puncak. Bogor, Jawa Barat telah menyebabkan terjadinya longsor pada Senin (5/2/2018) pagi. Data sementara, terdapat 4 titik longsor yaitu di sekitar Attaawun, Widuri, Grand Hill, dan Riung Gunung.

"Longsor menutup jalan dan terdapat beberapa tiang listrik roboh serta pohon tumbang. Belum ada laporan resmi korban dari longsor di Puncak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor masih melakukan verifikasi terkait adanya informasi korban longsor," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Senin (5/2).

Menurutnya, untuk sementara jalur jalan dari Jakarta menuju Puncak, Bogor ditutup total karena jalan tertimbun longsor. Mulai pukul 09.15 Wib, jalur Puncak ditutup mulai Polingga untuk memudahkan evakuasi dan penanganan longsor di 4 titik longsor tersebut. Jalur dari Jakarta menuju Puncak dialihkan lewat Sukabumi. Sedangkan dari Cianjur menuju Jakarta dialihkan lewat Jonggol.

Sutopo menambahkan, BMKG memprediksi hujan akan masih terus berlangsung hingga siang nanti. Potensi hujan di wilayah Jabodetabek masih tetap tinggi. BMKG mencatat hujan yang berlangsung selama Minggu (4/2) tercatat 152 milimeter per hari.

"Ini tergolong curah hujan ekstrem yang menyebabkan longsor dan naiknya debit Sungai Ciliwung," katanya. [beritajatim]

Tags

Komentar

Embed Widget

x