Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 19:20 WIB

Kasus Reklamasi, Polisi Periksa Total 20 Saksi

Oleh : Happy Karundeng | Selasa, 30 Januari 2018 | 13:28 WIB

Berita Terkait

Kasus Reklamasi, Polisi Periksa Total 20 Saksi
Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan mengatakan pihaknya masih terus mengusut kasus dugaan korupsi pada proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Ia mengaku hingga kini penyidik sudah memeriksa puluhan saksi. Kebanyakan saksi berasal dari pejabat di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bersinggungan dengan reklamasi.

"Sekarang kurnag lebih 20-an saksi (sudah dimintai keterangan)," katanya di Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Pihaknya berencana memeriksa Menteri dan Tata Ruang Sofyan Djalil sebagai saksi. Karena yang bersangkutan sedang cuti, maka pemeriksaan pun ditunda dan belum diketahui kapan dijadwalkan kembali.

"Jadwalnya kita sesuaikan pak Menteri," ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya mendapatkan banyak keterangan berguna guna mencari dugaan adanya indikasi korupsi di sana dari pejabat-pejabat Pemprov DKI yang diperiksa. Polisi mendapatkan beberapa dokumen guna mencari tahu apakah ada korupsi dalam proyek Teluk Jakarta.

"Banyak pemeriksaan kepada pihak internal pemerintah daerah, karena pemerintah daerah disitu banyak dokumen yang kita dapatkan," ucapnya.

Penyelidikan kasus ini dimulai sejak September 2017, dengan dasar adanya polemik di masyarakat soal reklamasi. Polisi sudah meminta data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Penyidik lantas meningkatkan status proses hukum proyek reklamasi Teluk Jakarta dari penyelidikan ke tahap penyidikan. Keputusan ini diambil setelah ditemukannya dugaan korupsi di proyek itu.

Polisi menduga ada pelanggaran ketika penetapan nilai jual objek pajak (NJOP) Pulau C dan D dalam proyek reklamasi Teluk Jakarta. Diduga, penetapan NJOP pada pulau reklamasi itu tidak wajar. NJOP di pulau reklamasi C dan D diketahui hanya Rp3,1 juta per meter persegi. [rok]

Tags

Komentar

Embed Widget

x