Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 16:00 WIB

Anies Siap Operasikan Becak di Kawasan Tertentu

Senin, 15 Januari 2018 | 13:35 WIB

Berita Terkait

Anies Siap Operasikan Becak di Kawasan Tertentu
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka Community Action Plan (CAP) di area Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (14/1/2018) sore. Salah satu rencana CAP adalah mengoperasikan kembali becak sebagai angkutan lingkungan di kawasan tertentu.

Kegiatan CAP adalah wujud perubahan paradigma pembangunan yang dilakukan pemprov DKI. Pemda mengubah strategi dalam penanganan kampung yaitu bukan menggusur tapi menata dan memberikan jaminan atas tempat tinggalnya. Sehingga Pemprov nantinya akan membuka diri untuk berkolaborasi dengan warga dan para pihak yang akhli dalam bidang tata ruang dalam penataan kampung di Jakarta.

"Kegiatan community action plan untuk 16 kampung di Jakarta sudah siap untuk dimulai," ujar Gubernur Anies dalam sambutannya. Secara simbolik Gubernur Anies memberikan cap dua tangan yang menjadi penanda dibukanya kegiatan yang bertujuan peningkatan kualitas kawasan pemukiman tersebut.

Kegiatan CAP nantinya akan diselenggarakan di perkampungan yang Kupat Miskin(kumuh padat miskin) serta kampung bekas penggusuran, antara lain: Kampung Kunir, Kampung Muka, Tongkol, Krapu, Lodan, Aquarium, Marlina, Elektro, Gedong Pompa, Tembok Bolong, Blok Empang, Kerang Ijo, Kali Apuran, Rawa Barat serta Rawa Timur, dan juga Prumpung

Gubernur Anies juga menyampaikan, program CAP ini merupakan wujud komitmen dan keberpihakan Pemprov kepada warga marginal dan miskin yang selama ini terpinggirkan. Menurut Gubernur semua warga Jakarta berhak mendapatkan hak untuk setara dan kesempatan yang sama dalam mengubah nasib dari bawah hingga akhirnya mapan.

"Karena itu, tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta harus berpihak kepada yang lemah dan terpinggirkan, dan bagi yang miskin tanggung jawab kita di Pemprov untuk membukakan kesempatan dan kami ingin menunaikan itu sebaik-baiknya,"

Kegiatan CAP sudah menghasilkan beberapa poin persiapan, antara lain SK pembentukan RT baru di Aquarium, Muara Angke, Rawa Barat, Rawa Timur, pembangunan shelter di kampung Aquarium dan Kunir, serta yang menarik adalah dioperasikan kembali becak sebagai angkutan lingkungan di kawasan tertentu.

"Kita akan atur kebutuhan warga akan transportasi dilayani, termasuk becak, kita akan segerakan mengatur becak sebagai angkutan lingkungan dan beroperasi di kawasan tertentu," jelas Gubernur Anies.

Gubernur Anies berharap kegiatan CAP ini ke depan akan mampu merubah taraf hidup warga miskin Jakarta agar lebih sejahtera. "Kita boleh miskin sekarang tapi izinkan anak-anak kita mendapat pendidikan yang lebih baik, jadi ikhtiar kita adalah bagian dari perubahan serta kita ingin jakarta menjadi milik semua," tambahnya.

Terakhir Gubernur Anies menutup sambutannya dengan membaca pesan singkat dari seorang warga miskin bernama Ujang yang diterimanya melalui grup di aplikasi whatsapp. "Begini kata Pak Ujang, keindahan kota tak akan mampu menyembunyikan kemiskinan warganya, namun warga yang berdaya akan memeperindah kota ini," ujarnya. "Sehingga jelas yang akan kita lakukan adalah mensejahterahkan yang miskin sehingga menjadi indah karena semua warganya sejahtera," tutupnya. [*]

Komentar

Embed Widget
x