Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Mei 2018 | 04:29 WIB
 

Jelang Natal Dan Tahun Baru 2017

Polda Petakan Wilayah Rawan Kejahatan Di Ibukota

Oleh : Ivan Setyadi | Minggu, 10 Desember 2017 | 12:18 WIB
Polda Petakan Wilayah Rawan Kejahatan Di Ibukota
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polda Metro Jaya mulai memetakan kawasan rawan tindak kejahatan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 dengan sandi, Operasi Lilin 2017.

"Kami telah meminta Polres untuk mengidentifikasi kegiatan yang ada di masyarakat di tepat rawan kejahatan, pelanggaran atau rawan masalah sosial," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Minggu (10/12/2017).

Menurut Argo, Polda Metro Jaya juga sedang menunggu pendataan mengenai jadwal kegiatan ibadah gereja-gereja di setiap Polres.

"Kami juga mendata berapa jumlah tepat ibadah yang akan digunakan. Tidak setiap rumah ibadah sama melaksanakan ibadah, sebab ada waktu yang berbeda dalam melaksanakan ibadah. Kan masih menunggu data Polres," kata Argo.

Dia menambahkan, setiap Polsek dan Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya juga diminta untuk melakukan pendekatan kepada pimpinan organisasi kemasyarakatan. Hal itu, kata dia, untuk mengantisipasi adanya aksi tak terpuji saat umat Kristiani merayakan Natal.

"Polres dan Polsek sudah diinstruksikan untuk mendekati ormas-ormas untuk koordinasi. Kalau ada pelanggaran akan ditindak," tegasnya.

Dia juga mengimbau agar masyarakat melaporkan kepada polisi apabila menemukan ada peredaran petasan jelang perayaan malam pergantian tahun."Menghimbau kalau ada yang menjual petasan dilaporkan," imbuh dia.

Operasi Lilin 2017 ini akan dilaksanakan dari 22 Desember hingga 1 Januari 2018. Ada sebanyak 21 ribu personel dari Polda Metro Jaya yang siap dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Pengamanan ini juga akan dibantu personel TNI dari Kodam Jaya dan Satuan Polisi Pamong Praja dari Pemprov DKI. Dalam operasi Lilin 2017, juga akan dilaksanan apel persiapan pengamanan di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat pada 22 Desember 2017 mendatang.

Komentar

 
Embed Widget

x