Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 23:12 WIB

Giant Sea Wall Dipercepat

Jokowi: Kita Kejar-Kejaran Dengan Air Laut

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 6 September 2013 | 20:15 WIB
Jokowi: Kita Kejar-Kejaran Dengan Air Laut
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo - (Foto : inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta pembangunan giant sea wall harus dipercepat pelaksanaannya. Sebab saat ini volume air di laut terus meningkat.

"Saya minta dimajukan pelaksanaannya, dan pembagian tanggung jawab. Pemda DKI kerja apa, Kemen PU apa tugasnya, kan kalau sudah jelas langsung kerja kebut-kebutan," kata pria yang disapa Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Jokowi melanjutkan, pertemuan dengan Muhammad Hasan selaku Dirjen Sumber Daya Alam (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum membahas persoalan banjir dan air baku di Jakarta.

"Ya pengennya semua cepet tho, kita kejar-kejaran lho level air laut itu semakin meninggi ya kan. Air baku disini kurang dan air baku di bawah tanah juga semakin turun. Setiap tahun turun turun turun," jelasnya.

Mantan Walikota Surakarta itu mengaku, kendala rencana proyek pembangunan giant sea wall masih proses desain yang belum rampung. Sementara, untuk Ciliwung memang masih ada kendala pembebasan tanah seperti halnya di Pesanggrahan persoalannya sama. Namun demikian, Jokowi yakin akan menyelesaikannya satu persatu.

"Satu-satulah, kita yang diselesaikan itu persoalan sama ditempat berbeda-beda, oragnya, banyak sekali. Pluit banyak 7 ribu, Ria Rio banyak ya kan. Nanti Ciliwung lebih banyak lagi 34 ribu, Pesanggrahan ga tau berapa ribu, tapi persoalan yang sam. Padahal rutenya belum siap, solusinya belum siap, solusi-solusi gimana, rutenya belum siap," tukas dia.

Selain itu, pihaknya akan kerja kebut-kebutan karena persoalan yang sudah menumpuk sehingga perlu waktu untuk menuntaskannya. Misalnya persiapan rumah susun (rusun), itu juga butuh lahan dan lain sebagainya.

"Tapi tetap terus dibangun (giant sea wall), tahun depan kita mulai," tandasnya.[bay]

Komentar

Embed Widget
x