Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 23:36 WIB

Kemendagri Juga Laporkan Nazar ke Polda Metro

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 4 September 2013 | 18:10 WIB
Kemendagri Juga Laporkan Nazar ke Polda Metro
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dan M Nazaruddin - (Foto:inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan, Kemendagri juga melaporkan M Nazaruddin ke Mapolda Metro Jaya atas tuduhan terpidana kasus korupsi wisma atlet itu.

"Kementerian Dalam Negeri secara institusi juga sudah melaporkan Nazaruddin kemarin," kata Gamawan usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Rabu (4/9/2013).

Ia menjelaskan, laporan tersebut karena Nazaruddin menyatakan bahwa proyek e-KTP digelembungkan hingga 45 persen.

"Setahu saya, ketika proyek ini dirancang kita minta dulu sama produsen tentang harga semua. Setelah dapat harga dari produsen, maka kita rumuskan HVS-nya. Setelah itu (HVS) dirumuskan, kemudian panitia meminta lagi ke BPKP untuk evaluasi harga dan BPKP mengatakan tidak masalah soal harga cukup baik," terangnya.

Kemudian, kata Gamawan, ia mempresentasikan lagi di KPK untuk mencegah terjadinya permasalahan dalam proses tender, lalu dilakukan proses tender hingga proses tender dievaluasi lagi di BPKP dan BPKB kembali mengatakan tidak masalah.

"Kemudian diperiksa 2 tahun oleh BPK, tahun 2012, tahun 2013 sudah diperiksa oleh BPK terhadap pelaksanaan tahun 2010 dan 2011. Karena itu BPK tidak menemukan permasalahan terutama keuangan, nah kalau Nazar mengatakan ada mark-up 45 persen tentu dia harus membuktikan, pengacaranya sekalian membuktikan bahwa itu mark-up 45 persen. Harus jelas," ujarnya.

Sebab, menurut Gamawan dalam proyek e-KTP secara aturan sudah memenuhi semua aturan itu. "Ini yang saya komplain, atas nama institusi kemarin kepala biro hukum melaporkan pula ke Polda Metro Jaya tentang itu," tandasnya. [mvi]

Komentar

Embed Widget
x