Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 23:41 WIB

Ahok Tantang Keluarga Adam Malik soal Ria Rio

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Rabu, 4 September 2013 | 17:22 WIB
Ahok Tantang Keluarga Adam Malik soal Ria Rio
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama - (Foto : istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana menempuh jalur hukum untuk membuktikan kepemilikan lahan di Waduk Ria Rio ke Pengadilan.

Hal ini terkait klaim dari keluarga mantan Wakil Presiden Adam Malik yang mengaku sebagai ahli waris atas kepemilikan lahan seluas 2,1 hektar lahan di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur.

Mantan Bupati Belitung Timur itu tetap bersikeras jika lahan di Waduk Ria Rio merupakan lahan milik Pemprov DKI yang dikelola bertahun-tahun oleh PT Pulomas Jaya. "Itu punya pemprov DKI yang dikelola oleh PT Pulomas," ungkap Ahok.

Sebelumnya tim kuasa hukum Yayasan Adam Malik, Ahmad mengatakan pihaknya memiliki akte jual beli, surat pengembalian batas yang diterbitkan Badan Pertanahan Negara (BPN) dan eigendom verponding.

Lahan di Waduk Ria Rio, Pedongkelan, Kayuputih, Jakarta Timur, seluas 2,1 hektar diklaim oleh keluarga Gunajaya Malik, cucu dari Adam Malik. Lahan yang disengketakan membentang dari Lapangan Tanah Merah di Jalan Perintis Kemerdekaan hingga pemukiman warga yang berada di RT 02,04,05,06, dan 07 di Kelurahan Kayuputih.

Pemilik yayasan mengaku lahan tersebut berdasarkan Girik C342 Blok S. II dan Eigendom Verponding 5725. Sementara itu PT Pulomas Jaya menegaskan tanah di Waduk Ria Rio adalah milik Pemprov DKI Jakarta. Tetapi meskipun membantah, keberadaan Yayasan Adam Malik diakui oleh PT Pulomas Jaya.

Sebelumnya lahan tersebut sempat direncanakan akan dibangun Emergency Hospital dengan luas 3 hektar pada tahun 1980. Pengelolaan Emergency Hospital akan diserahkan pada Yayasan Mekarsari sesuai Keputusan Gubernur KDKI no. 935/A/K/BKD. [mvi]

Komentar

x