Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 22:18 WIB

BUMD Tak Menguntungkan Akan Dibubarkan Atau Dijual

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 14 Agustus 2013 | 02:35 WIB
BUMD Tak Menguntungkan Akan Dibubarkan Atau Dijual
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama - (Foto: inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) memberikan kontribusi yang maksimal.
Pria yang akrab disapa Ahok itu mengatakan, Pemprov DKI Jakarta tidak segan untuk membubarkan BUMD yang kinerjanya buruk dan hanya membebani Pemprov DKI Jakarta, untuk menunjang biaya operasional.
Ia menjelaskan, saat ini pihaknya masih mengkaji kinerja seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Hasil kajian ini nantinya akan menentukan nasib BUMD apakah dijual, dibubarkan atau bergabung dengan perusahaan swasta.
"Kita punya tiga opsi, apakah dijual, dibubarkan atau bergabung dengan perusahaan swasta," ujarnya di Balaikota, Selasa (13/8/2013).
Ahok melanjutkan, proses pengkajian dengan penghitungan dan penawaran. Pemprov DKI juga memperbolehkan pihak swasta yang berkeinginan memberikan bantuan kepada BUMD yang saat ini kondisinya merugi.
"Masih dihitung, seperti beauty contest, akan hitung kaji. Kalau ada swasta kasih saham, lumayan boleh saja kan," ujarnya.
Ia menegaskan, kemungkinan nasib karyawan BUMD yang merugi juga terancam akan dibuang. "Mungkin dibuang juga kalau nggak beres semua," katanya.
Ahok mengakui jika PD Dharma Jaya merupakan salah satu BUMD milik Pemprov DKI yang bakal dibubarkan. Meski begitu, ia belum dapat memastikan apakah perusahan yang bergerak di bidang industri daging itu akan dijual atau tidak.
"Hingga saat ini kami belum meminta hasil kajian BPKP terkait nasib BUMD yang merugi," tandasnya.[bay]

Komentar

x