Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 10:29 WIB

Inilah Tips Hindari Kejahatan Saat Mudik

Oleh : Anton Hartono | Minggu, 21 Juli 2013 | 15:54 WIB
Inilah Tips Hindari Kejahatan Saat Mudik
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Bagi para calon pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya, setidaknya harus mewaspadai tindak kejahatan yang menghantui. Sebab menjelang Hari Raya Idul Fitri ini berbagai modus kejahatan kerap terjadi.

Bahkan dari data yang tercatat, kejahatan paling rawan yang kerap dialami pemudik terdapat tiga kasus yakni pembiusan, copet, dan hipnotis. Seperti halnya diungkapkan Kapolsek Ciracas, Komisaris Suwanda.

"Tiga kejahatan yang mesti diwaspadai yang paling sering terjadi menjelang Lebaran biasanya pembiusan, copet dan hipnotis," ujarnya, Minggu (21/7/2013).

Karena itu dirinya mengimbau masyarakat yang hendak mudik dengan bus kota dan ingin merayakan Lebaran di kampung halamannya agar selalu waspada dalam perjalanan. Terutama jangan menerima pemberian makanan atau minuman dari orang lain.

Karena dikhawatirkan pemberian itu sudah dicampurkan sesuatu agar korban tertidur pulas. Dengan begitu, pelaku dapat bebas melucuti harta benda milik korban.

Tak hanya itu, hipnotis dan kerawanan copet juga harus diwaspadai selama berada dalam perjalanan ataupun di terminal bus atau stasiun kereta api.

Mengantisipasi hal itu, pihaknya berupaya menekan angka kejahatan di Terminal Bus Kota Kampung Rambutan dengan membangun posko pelayanan dan pengamanan selama arus mudik Lebaran.

"Kami juga akan laksanakan Operasi Cipta Kondisi di beberapa titik untuk menekan angka kriminalitas di sekitar kawasan terminal bus," tambahnya. [yeh]

Komentar

Embed Widget
x