Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 21:14 WIB

Kualitas Air di Jakarta Selatan Menurun

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 17 Juni 2013 | 01:10 WIB
Kualitas Air di Jakarta Selatan Menurun
Air bersih Jakarta - (Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Walikota Jakarta Selatan, Syamsuddin Noor mengakui jika kualitas air di Jakarta Selatan menurun. Hal itu yang membuat peringat Kota Administratif Jakarta Selatan turun pada tahun 2013, untuk kategori Kota Metropolitan.

"Memang kualitas air di Jakarta Selatan menurun. Sehinggga dalam penilaian, Jakarta Selatan masih kalah dengan Jakarta Timur dalam kualitas air, dimana Jakarta Timur menduduki peringkat ke-4 untuk kategori Kota Metropolitan, sementara Jakarta Selatan ada di posisi ke-5," jelasnya, Minggu (16/6/2013).

Sementara Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Jakarta Selatan, Masfud menilai meski mengalami penurunan kualitas air, namun penurunan itu tidak terlalu signifikan. "Sebab kan bisa saja karena faktor cuaca yang mempengaruhi penurunan kualitas air, dan kualitas air juga tak berbeda jauh dengan Jakarta Timur," katanya.

Ia melanjutkan dari hasil penilaian tim Kementerian Lingkungan Hidup, kualitas air di Jakarta Timur mendapat nilai 58.06 dan selatan 52.73. Namun demikian, Masfud meminta kesadaran masyarakat Jakarta Selatan untuk selalu menjaga lingkungan, dan tidak membuang sembarangan membuang limbah rumah tangga

Titik aliran air yang diambil sebagai sampel untuk dinilai antara lain di Kali Mampang sekitar Jalan TB Simatupang, Jalan Kapten Tendean, Kali Krukut Jalan Margasatwa, Kali Pesanggrahan Jalan Ciputat Raya, Kali Ciliwung di Kampung Gunung Balekambang, dan perbatasan dengan Kampung Melayu.[bay]

Komentar

x