Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 23:00 WIB

Inilah Penyebab Terjadinya Genangan Air di Jaktim

Oleh : Anton Hartono | Kamis, 18 April 2013 | 18:10 WIB
Inilah Penyebab Terjadinya Genangan Air di Jaktim
(inilah.com/wirasatria)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kasat Lantas Polres Jakarta Selatan, AKBP Soepoyo menjelaskan hujan yang mengguyur ibukota mengakibatkan sejumlah ruas jalan di Jakarta Timur tergenang dengan ketinggian 20-50 sentimeter. Bahkan tak sedikit kendaraan yang melintas mengalami mogok saat menerobos genangan air.

Berdasarkan data yang tercatat, genangan air terjadi di beberapa ruas jalan diantaranya Jalan DI Panjaitan, Jalan MT Haryono, Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan Otista Raya, Jalan Dewi Sartika dan Jalan I Gusti Ngurah Rai.

Menurut Soepoyo, genangan air paling parah terjadi di Jl DI Panjaitan hingga mengakibatkan jalur Bus Transjakarta Koridor X terpaksa dialihkan ke Jl Otista Raya. Ini disebabkan tidak berfungsinya saluran air yang berada di sisi jalan raya karena pompa penyedot air milik Sudin Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Timur tidak berfungsi.

"Pompa penyedot airnya tidak berfungsi. Jadi airnya tergenang di badan jalan, tidak bisa mengalir," kata Soepoyo, Kamis (18/4/2013).

Soepoyo melanjutkan, air yang tergenang di sepanjang ruas Jl DI Panjaitan semestinya mengalir ke sisi jalan yang terhubung ke Kali Cipinang dan saluran air lainnya. Namun karena pompa penyedot airnya tidak berfungsi, maka airnya tertahan di badan jalan.

"Airnya tidak bisa kemana-mana, karena gorong-gorongnya penuh. Jadi harus tunggu airnya surut," tandasnya.[bay]

Komentar

x