Find and Follow Us

Rabu, 22 Januari 2020 | 09:03 WIB

Polda Metro Jaya Nyatakan Perang Terhadap Preman

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 8 April 2013 | 18:19 WIB
Polda Metro Jaya Nyatakan Perang Terhadap Preman
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto mengatakan, jajarannya akan terus melawan dan memberantas aksi premanisme, guna menciptakan kondisi aman di wilayah Ibukota. Menurutnya, siapapun yang terbukti melakukan aksi premanisme, akan ditindak secara tegas.

"Polda Metro Jaya menyatakan perang terhadap preman cipta kondisi berantas jaya, kalau terbukti secara hukum akan kita proses, kalau tidak terbukti kita akan didata, foto dan identifikasi serta pantau keberadaannya," katanya di Mapolda Metro Jaya, Senin (8/4/2013).

Rikwanto mengaku, memang ada kendala dalam pemberantasan preman atau praktek premanisme. Menurut dia, polisi tidak bisa bekerja sendiri karena memang polisi mengacu pada aturan hukum. Bila seseorang melanggar hukum, maka bisa diproses. Namun kalau kehadirannya hanya meresahkan lalu bisa disingkirkan, maka diamankan dan didata," terangnya.

Ia melanjutkan, untuk mengurangi atau menghilangkan preman di Jakarta ini perlu kerjasama dengan masyarakat, pemerintah daerah dengan tugas masing-masing. Untuk itu, masyarakat juga jangan membiarkan ada bibit-bibit premanisme di lingkungannya.

"Jadi, kalau ada yang tidak pas, nongkrong di jembatan, selalu membawa minuman keras, ada pemuda dipinggir jalan dibiarkan saja tanpa tujuan yang jelas, itu merupakan cikal bakal jadi premanisme," ucapnya.

Rikwanto menambahkan, seperti halnya yang ada di Gelora Bung Karno (GBK), masuk dari pintu depan sudah bayar parkir kemudian ditengah-tengah parkir, preman-preman tersebut melakukan pungutan liar lagi dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 50.000 dan tidak bisa ditolak.

Sedangkan di Jakarta Utara sekitar 80 orang yang didalamnya ada kelompok kapak merah, narkotika, pelaku pemalakan dan Jakarta Timur pun terjadi hal demikian. Maka dari itu, nanti secara serentak, di setiap sudut kota di wilayah Polda Metro akan dilakukan operasi pemberantasan preman-preman.

"Pelaksanaan operasi preman kita gencarkan lagi demi menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif. Jadi kita dapatkan informasi, yang kita temukan langsung atau informasi dari masyarakat yang akan kita respon atau kita sikapi segera," tandasnya.[bay]

Komentar

x