Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 06:56 WIB

Tangani Kebakaran Damkar DKI Libatkan CSR

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Sabtu, 30 Maret 2013 | 01:37 WIB
Tangani Kebakaran Damkar DKI Libatkan CSR
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kebakaran tampaknya jadi momok yang menakutkan bagi warga Ibukota. Untuk itu dalam mengatasi kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) DKI Jakarta pun melibatkan pihak swasta.

"Mengatasi kebakaran, perlu koordinasi semua pihak, termasuk pihak swasta khusunya yang berada dikawasan rawan kebakaran, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)," kata Kepala Dinas Damkar PB DKI, Subejo di Jakarta, Jumat (29/3/2013).

Melalui program ini, lanjut Bejo, sapaan akrab Subejo, dapat menghemat anggaran APBD yang digelontorkan di Dinas Damkar PB DKI. "Dengan begitu anggaran yang digelontorkan ke Dinas Damkar PB dapat dialokasikan ke program tetap dalam pemberdayaan masyarakat," ungkapnya.

Untuk koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI, Bejo mengaku, Dinas Damkar dan PB telah melakukan koordinasi bersama Asisten Kesejahteraan Masyarakat, Mara Oloan Siregar untuk membuat semacam prosedur bertahap terpadu dalam penanggulangan bencana maupun kebakaran.

"Sehingga kalau protapnya sudah ada, konsepnya sudah ada dan akan kami pertajam, terutama untuk sub sistem penanggulangan kebakaran. Karena beberapa kasus yang kami alami, kebakaran di Salemba, Pendongkelan, Tanah Tinggi, biasanya kami datang terlebih dahulu. Banyak petugas keamanan belum datang," kata Bejo.

Dia mengatakan, ada tiga tahap dalam menanggulangi kebakaran. Pertama, adalah persiapan, di mana ketika ada kasus kebakaran, personel bersiap untuk menuju lokasi kebakaran. Kedua, tahap perjalanan yang bergantung dengan kepadatan lalu lintas saat kebakaran.

"Terakhir penggunaan air. Ini merupakan salahsatu kendala sulitnya memadamkan api, karena jauhnya sumber air. Kondisi air dangkal menjadi penghambat berjalannya tahap tersebut," jelasnya.

Terkait kondisi air, lanjut Beso, pihak Dinas Damkar PB DKI telah berkoordinasi dan meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk meninggikan sungai dan mengeruk sampah yang ada di sumber air terdekat.[jat]

Komentar

x