Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 00:49 WIB

Inilah Jalan Yang Akan Kena Pembatasan Kendaraan

Oleh : Karel Stefanus Ratulangi | Jumat, 14 Desember 2012 | 20:32 WIB
Inilah Jalan Yang Akan Kena Pembatasan Kendaraan
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan penerapan kebijakan pembatasan kendaraan bermotor dengan menggunakan sistem plat nomor ganjil genap, tidak akan diberlakukan diseluruh wilayah DKI Jakarta.

Kadishub Udar Pristono mengatakan, penerapan kebijakan tersebut hanya dilakukan dalam wilayah lingkar dalam kota, atau yang telah memiliki koridor bus TransJakarta. Dengan demikian, warga bisa terlayani dengan transportasi massal berbasis bus rapid transit (BRT), saat tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Alasan dipilihnya wilayah lingkar dalam kota tersebut berdasarkan volume lalu lintas yang tinggi terutama pada jam sibuk di kawasan tersebut. Selain itu, terdapat banyak alternatif rute termasuk jalan tol dan kawasan ini merupakan pusat aktivitas kota.

"Dengan pembatasan lebih efektif terhadap manajemen permintaan transportasi dan memacu pemerataan pembangunan. Itulah alasan penentuan lokasi ini," katanya di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat (14/12/2012

Secara lengkap jalan yang akan diterapkan ganjil genap adalah Koridor three in one yang berlaku sepanjang jalur Blok M hingga Kota, Jalan Gatot Soebroto dan Jalan Rasuna Said. Sejumlah koridor timur-barat yang dilalui Transjakarta, Pinang Ranti hingga Pluit.

Selanjutnya, Jalan Sultan Agung dari Karet, Jakarta Pusat hingga Manggarai dilanjut hingga Jalan Pramuka. Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Jenderal Suprapto serta di sebelah barat serta Jalan Kyai Tapa dan KH Hasyim Anshari yang menghubungkan Grogol dengan Harmoni.

Selain itu, dua jalur bujur dari utara ke selatan, yaitu Jalan Gunung Sahari, Kramat Raya, Salemba, Jatinegara, hingga ke Cawang. Juga jalur Cideng, Mas Mansyur. yang melintasi Tanah Abang, lanjut ke Jalan Prof Dr. Satrio dan Cassablanca hingga Kampung Melayu.[bay]

Komentar

Embed Widget
x