Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 01:06 WIB
 

Distribusi Bantuan Korban Banjir Berbelit-Belit

Oleh : Anton Hartono | Senin, 26 November 2012 | 19:23 WIB
Distribusi Bantuan Korban Banjir Berbelit-Belit
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Sejumlah warga korban banjir di RW 03 Cawang, Jakarta Timur mengeluhkan pendistribusian bantuan yang berbelit-belit. Selain itu, warga juga mengeluhkan bantuan yang selama ini diterima warga dinilai jauh dari kata cukup.

"Prosedur pendistribusian bantuannya berbelit-belit. Karena ditahan di kelurahan dulu," kata Jasmanlius, Ketua RT 15 RW 03 Cawang, Senin (26/11/2012).

Menurutnya pendistribusian untuk korban banjir berbeda dengan tahun lalu yang langsung diberikan kepada warga, tanpa harus ditahan di kantor kelurahan. Akibatnya, warga yang ingin mendapatkan bantuan harus mengambil sendiri di Kantor Kelurahan Cawang.

"Lurahnya suruh kami sendiri yang ambil bantuan. Padahal kita-kita sudah dibuat capek karena banjir, itukan malah menyulitkan warga," ujarnya.

Karena itu ia berharap agar pihak kelurahan sejatinya meringankan beban warga korban banjir dengan mengirimkan bantuan secara langsung ke lokasi banjir. Dengan begitu, tentu pemberi bantuan bisa mengetahui jumlah yang seharusnya diberikan kepada korban banjir.

"Pernah waktu itu ada dari Dinas Sosial mau bangun tenda untuk pengungsi, tapi prosesnya lama karena harus koordinasi dengan lurah. Jadinya warga harus nunggu lama untuk ngungsi di tenda," jelasnya.

Dari data yang tercatat, korban banjir di kawasan Cawang terdapat sedikitnya 431 jiwa dari 121 Kepala Keluarga. Banjir di kawasan itu terjadi akibat luapan air Kali Ciliwung kiriman dari Bogor, Jawa Barat yang beberapa hari ini terus meluap.[bay]

Komentar

Embed Widget

x