Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 01:13 WIB
 

Tahun 2013, Ribuan Satpol PP Akan Alih Tugas

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Senin, 26 November 2012 | 19:14 WIB
Tahun 2013, Ribuan Satpol PP Akan Alih Tugas
inilah.com/Ardhy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan akan mengalih tugaskan sebanyak 3.000 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI, menjadi petugas sterilitasi busway. Mereka akan mulai bertugas pada awal tahun 2013.

"Pengalihan tugas itu untuk meningkatkan pelayanan busway, kita akan lebih mengingkatkan tindakan sterilisasi jalur busway di seluruh koridor. Saya mau program busway tidak berjalan setengah-setengah. Saya mau rampung 100 persen, agar bisa dirasakan segera oleh masyarakat," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balaikota DKI Jakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono menegaskan untuk sterilisasi busway, pihaknya membutuhkan tiga ribu personil untuk menjaga lalu lintas di jalur busway. Ribuan petugas tersebut bekerja dalam dua shift (pembagian waktu tugas) yaitu pukul 06.00 hingga 14.00 dan 14.00 hingga 22.00.

"Petugas sterilisasi ini tidak hanya menjaga sterilisasi busway, tetapi juga menjaga penerapan 3 in 1, menjaga pedestrian, kalau ada yang melanggar diberikan tindakan hukum, lalu memantau pelaksanaan hari kendaraan bebas bermotor. Ini semua perlu petugas yang banyak," ujarnya.

Selama ini, lanjutnya, petugas yang melakukan sterilisasi jalur busway hanya 600 orang yang dibagi dalam dua shift kerja. Yaitu pagi hingga siang sebanyak 400 orang dan siang hingga malam bertugas 200 orang. Ternyata jumlah tersebut kurang memadai dalam melakukan sterilisasi jalur busway.

"Ini sudah disetujui. Awal 2013 sudah bisa dilaksanakan. Jadi penambahan sumber daya manusia ini merupakan instruksi dari pimpinan. Untuk memenuhinya, kita menggunakan personel satpol PP yang sudah ada," jelasnya.

Petugas sterilisasi busway ini, papar Pristono juga bertugas menertibkan trouble spot yang muncul saat hujan. Yaitu menjaga keberadaan jalur busway dari motor-motor yang berteduh di bawah flyover dan underpass.[bay]

Komentar

Embed Widget

x