Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 01:45 WIB

Jokowi Yakin Sistem ERP Bisa Urai Kemacetan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 25 November 2012 | 16:09 WIB
Jokowi Yakin Sistem ERP Bisa Urai Kemacetan
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo optimistis rencana penerapan sistem elektronik road pricing (ERP) di ibu kota ini dapat mengurai kemacetan dan kepadatan lalu lintas.

"Saya yakin kalau sudah diterapkan akan mengurangi kemacetan, tapi belum tau berapa persen, akan minta kalkulasi dulu," kata Jokowi di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (25/11/2012).

Menurutnya, penerapan sistem elektronik transportasi sudah diterapkan di negara Bangkok sehingga keyakinan itu juga muncul bisa diterapkan di Indonesia khususnya ibu kota Jakarta.

"Kalau di Bangkok cocok mestinya disini cocok, kalau di Eropa mungkin beda ya, tapi kalau di Bangkok bisa disini semestinya juga bisa. Tapi nanti ini baru ketemu awal," ujarnya.

Pasalnya, untuk penerapannya juga nanti di setiap mobil pribadi akan dipasangkan semacam chip sehingga ketika mobilnya lewat akan berkurang duitnya.

Mantan Walikota Surakarta itu menjelaskan, sistem yang dilakukan mengikuti prosedur yang telah ditentukan. "Ya salah satunya mungkin lelang. Kalau soal harga investasi nanti liat-liat dulu dong, masa baru ketemu aja udah nanya investasi. Kalau di Bangkok, saya engga tau," tutur Jokowi. [yeh]

Komentar

Embed Widget
x