Find and Follow Us

Senin, 20 Januari 2020 | 10:51 WIB

Korlantas Tak Akan Lelah Tekan Angka Kecelakaan

Oleh : Bayu Hermawan | Minggu, 25 November 2012 | 00:07 WIB
Korlantas Tak Akan Lelah Tekan Angka Kecelakaan
Ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Korps lantas Polri menggelar sarasehan dalam rangka Hari Peringatan Kecelakaan Lalu Lintas Sedunia yang yang jatuh pada 16 November.

Dihadapan pemimpin redaksi media massa, purnawirawan Korlantas, Kadiv Humas Polri dan para korban kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang hadir dalam acara tersebut, Kakorlantas Polri Irjen Pudji Hartanto mengatakan jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia cukup memprihatinkan.

Pudji mengatakan, berdasaran data Korlantas Polri, setiap hari 80 hingga 85 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas setiap harinya di Indonesia, atau setiap tiga jam ada orang yang meninggal di jalanan.

"Kami tidak akan lelah untuk mensosialisasikan Jadilah pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Budayakan Keselamatan sebagai kebutuhan dalam tiap aktifitas yang kami jalankan," tegasnya di kantor Kakorlantas Polri.

Ia melanjutkan, Kakorlantas Polri bertekad untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas sebagaimana yang diamanatkan PBB dan Undang-Undang No 22 tahun 2009 bidang LLAJ untuk menjadi penyelanggara keselamatan berlalu lintas dengan berbagai terapannya.

Dalam acara itu Korlantas bersama mitra kerja, memberikan kaki palsu untuk korban kecelakaan. Salah seorang penerima kaki palsu menyatakan, cukup sudah, kalau bisa hanya dirinya yang merasakan akibat harus kehilangan kaki kirinya akibat kecelakaan lalu lintas.

"Kalau bisa, cukup kami saja yang merasakan akibatnya," ujar pria asal Pekanbaru yang tergabung dalam ikatan korban kecelakaan lalu lintas.

Pudji Hartanto juga menyematkan Pin pelopor Keselamatan kepada pemimpin redaksi media massa dan purnawirawan serta mitra kerja yang ikut mengampanyekan Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

"Kami akan terus mencari pelopor-pelopor keselamatan dan terus mensosialisasikan kepada khalayak, keluarga dan orang dekat, sehingga angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan," tandasnya.

Bersamaan dengan Peringatan Hari Kecelakaan Lalu Lintas Dunia itu, Pudji juga meresmikan nama Gedung NTMC Polri dengan Nama U.E Medellu, mantan Direktur Lalu Lintas Mabes Polri dan memberikan penghargaan kepada keluarganya atas jasa U.E Medellu terhadap Korlantas. [bay]

Komentar

x