Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 02:42 WIB

Putut Akan Bersihkan Jakarta dari Premanisme

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 7 November 2012 | 03:38 WIB
Putut Akan Bersihkan Jakarta dari Premanisme
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayuseno - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayuseno akan melakukan beberapa kebijakan baru untuk menekan angka kriminalitas. Salah satunya dengan meningkatkan kembali operasi preman dan balap liar di Jakarta.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan, beberapa waktu lalu jajaran Polres telah mengamankan sejumlah preman di wilayah Jakarta Timur.

"Kapolda minta kepada jajarannya untuk terus menggelar operasi preman serta memproses hukum dengan tegak dan benar mengingat yang didapati kemarin ada senjata tajam dan senjata api rakitan. Ini harus terus dilakukan sampai ke sarang-sarangnya," kata Rikwanto, Selasa, (6/11/2012).

Dia menjelaskan, berdasarkan data hasil operasi premanisme di wilayah hukum Polres Jakarta Timur pada hari Sabtu (3/11/2012) pukul 20.00 - 22.00 wib, totalnya 107 preman diamankan. Dari jajaran Polres Jakarta Timur, berhasil mengamankan 27 preman. Kemudian, Polsek Pasar Rebo ada 7 preman. Lalu Polsek Matraman ada 3 preman, Polsek Pulo Gadung 3 preman juga.

Selanjutnya, Polsek Cakung ada 2 preman. Polsek Makasar sejumlah 8 preman, Polsek Duren Sawit ada 8 preman, Polsek Ciracas 10 preman. Berikutnya, Polsek Kramat Jati 7 preman, Polsek Jatinegara ada 11 preman dan Polsek Cipayung ada 11 preman.

"Total ada 107 preman. Dari angka itu, ada 47 orang tidak memiliki KTP, dibina lalu dipulangkan. Lalu, 57 orang memiliki KTP dipulangkan, dua diproses hukum karena terlibat pengeroyokan, satu diproses di unit narkoba," terang dia.

Sementara, upaya Kapolda untuk menggelar operasi premanisme dan operasi balap liar sangat didukung oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta. "Gubernur DKI sangat mendukung tindakan Kepolisian, ini akan dijadikan mitra untuk Jakarta aman," singkatnya.

Menurutnya, operasi premanisme akan terus ditingkatkan sedangkan operasi balapan liar khususnya di malam minggu maupun di hari libur.[jat]

Komentar

Embed Widget
x