Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 15:52 WIB

Tempat Pemakaman Bisa Dijadikan Ruang Hijau

Oleh : Karel S Ratulangi | Minggu, 4 November 2012 | 12:01 WIB
Tempat Pemakaman Bisa Dijadikan Ruang Hijau
inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) bisa dipakai sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Hal ini dikatakan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/11/2012).

Menurutnya tempat pemakaman bila ditanami pohon yang lebat bisa dimaksimalkan sebagai RTH. "Pemakaman itu bisa juga dipakai RTH kalau ditanami yang lebat itu nanti bisa dimaksimalkan," ujarnya.

Joko Widodo juga menyinggung soal retribusi biaya pemakaman, yang menurutnya tidak ada dikenakan biaya pemakaman untuk warga yang meninggal. "Sebenarnya itu tidak bayar, yang bayar itu kan ke oknum," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Pertamanan, Katarina Suryowati mengatakan bahwa tidak ada biaya untuk pemakaman alias gratis, hanya saja dikenakan retribusi Rp100 ribu. Katarina juga membantah bahwa untuk pemakaman dikenakan biaya yang mahal.

"Biaya pemakaman gratis cuma bawa retribusi Rp100 ribu. Terus kalau ada ngomong mahal itu, pasti bayar ke calo. Menyewa tenda dan menyewa kursi terus bayar mahal itu pasti lewat calo," ucap dia.

Dinas pertamanan menyarankan kepada warga agar melalui petugas resmi bila ingin melakukan pemakaman. Dan bila membutuhkan informasi seputar pemakaman agar menghubungi dinas pertamanan dan pemakaman langsung. Saat ini masih banyak lahan kosong yang bisa digunakan di TPU-TPU di DKI. [mvi]

Komentar

Embed Widget
x