Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 20:27 WIB

Penuhi RTH 30%, Jokowi Akan Beli Banyak Lahan

Oleh : Karel S Ratulangi | Minggu, 4 November 2012 | 10:30 WIB
Penuhi RTH 30%, Jokowi Akan Beli Banyak Lahan
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan akan membeli lahan sebanyak-banyaknya untuk memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta sebesar 30 persen.

Menurutnya saat ini RTH sudah sudah terealisasi hampir sepuluh persen, dan sisa dua puluh persen tersebut akan diusahakan dalam lima tahun ini. "30 persen itu mutlak. Caranya beli lahan sebanyak-banyaknya, tidak ada cara yang lain," ujarnya, di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (4/11/2012).

Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan, kota yang sehat adalah kota yang mempunyai ruang terbuka publik yang banyak. Target yang ingin dicapai adalah untuk ruang publik dan privat. Menurutnya, kalau konsisten dengan master plan yang ada sebetulnya pencapaian RTH sudah beres, karena yang menjadi masalah saat ini adalah tata ruang tersebut disalahgunakan. Siapa oknum yang menyalahgunakan Jokowi enggan menyebutkannya dan mengatakan tidak tahu.

Jokowi mengatakan bahwa peruntukkan RTH yang disalahgunakan tersebut adalah RTH yang yang dijadikan mal, dan daerah-daerah resapan yang saat ini sudah jadi gedung-gedung yang jumlahnya sangat banyak. "Yang seharusnya RTH jadi mal, daerah resapan jadi gedung, tidak tahu oleh siapa," tandasnya.

Dia juga mengatakan, saat ini yang terpenting yang dilakukan adalah redesain, dan Jokowi saat ini sudah mempunyai Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang akan dilakukan. RDTR tersebut akan dilakukan secara konsisten untuk memenuhi dua puluh persen kekurangan yang akan dilakukan dalam lima tahun ke depan. [mvi]

Komentar

x