Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Maret 2019 | 00:26 WIB

DKI Rencanakan Penataan Kampung Khusus di Jakarta

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Senin, 29 Oktober 2012 | 17:41 WIB

Berita Terkait

DKI Rencanakan Penataan Kampung Khusus di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo - inilah.com/Ardy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berencana menata sejumlah kampung di Jakarta. Dari 15 kampung yang akan ditata, 9 kampung yang sudah terdata. Nantinya ke 15 kampung tersebut akan memiliki kekhususan dibanding kampung-kampung lain di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, penataan 15 Kampung difokuskan kepada kampung yang dinyatakan tidak layak. Dari hasil pemetaan sementara, dirinya telah menerima sembilan nama kampung yang akan masuk program tersebut.

"Saya terima sembilan kampung itu, dari kesembilan kampung tersebut adalah Penjaringan, Kebon Kacang, Tomang, Pulogebang, Kebon Sirih, Rawa Jati, Tegal Parang, Poncol, dan Karet. Tapi saya harus cek satu per satu kampungnya," kata pria yang akrab disapa Jokowi ini, saat ditemui Senin (29/10/2012).

Dia menjelaskan, tidak menyetujui begitu saja usulan yang disampaikan beberapa dinas terhadap sembilan nama kampung tersebut. Jokowi ingin, melihat dan menilai langsung apakah sembilan kampung yang diusulkan itu layak atau tidak masuk dalam program penataan kampung. Jangan sampai kampung yang masih layak dan bagus malah ditata, sedangkan kampung yang kumuh terlewatkan untuk ditata.

Dicontohkannya dari sembilan nama, ada kampung Karet. Namun kawasan Karet, masih dalam kondisi yang baik. Jadi belum perlu dilakukan penataan. "Kita akan cari kampung lain pengganti Karet," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, penataan kampung yang akan dilakukannya adalah dengan membagi kampung dengan kategori superkampung, kampung deret, kampung vertikal atau rumah susun. Di setiap kampung tersebut akan dibuatkan komunal septic tank, sanitasi, ruang terbuka hijau, ruang publik dan perpustakaan makro. [mvi]

Komentar

Embed Widget
x