Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 12:57 WIB

Hasil Survei LSI

Fauzi Ganteng dan Mampu Memimpin Daripada Jokowi

Oleh : Agus Rahmat | Minggu, 16 September 2012 | 16:01 WIB
Fauzi Ganteng dan Mampu Memimpin Daripada Jokowi
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Fauzi Bowo dinilai berwibawa, enak dipandang, dan mampu memimpin DKI Jakarta. Itulah hasil dari survei Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Hasil ini merupakan pendapat responden terkait citra tokoh cagub, baik Fauzi Bowo dan Joko Widodo.

"Fauzi Bowo cenderung unggul dalam citra berwibawa, enak dipandang, mampu memimpin, tegas dan tidak cacat moral," jelas Direktur Eksekutif LSI Dodi Ambardi kepada pers di kantornya, Jakarta, Minggu (16/9/2012).

Dari persoalan popularitas, Fauzi Bowo dinilai lebih populer. Namun, popularitas tidak sebanding lurus dengan tingkat kesukaan responden terhadap tokoh. "Fauzi Bowo lebih populer dibanding Jokowi. Namun, kualitas popularitas Jokowi sedikit di atas Fauzi," kata dia.

Sebanyak 97% responden tahu Fauzi Bowo, namun hanya 72% yang suka. Sementara, 84% tahu Jokowi dan 76% suka.

Sebanyak 81% responden menilai Fauzi berwibawa, dan 72% memilih Jokowi yang berwibawa. 46% responden menilai Fauzi bisa dipercaya dan bersih dari korupsi, sementara 59% lebih memilih Jokowi untuk kriteria ini.

Responden sebanyak 76% menilai Fauzi enak dipandang dan ganteng, sementara hanya 59% yang menilai Joko Widodo enak dipandang dan ganteng. 64% menilai Fauzi mampu memimpin Jakarta, 62% menilai Jokowi mampu.

Masalah menyenangkan dan ramah serta hangat, sebanyak 72% responden memilih Fauzi Bowo, sementara 81% memilih Jokowi. 64% responden menilai Fauzi perhatian pada rakyat, sementara Jokowi dipercayai lebih tinggi dengan 80%.

Sebanyak 82% responden menilai Fauzi Bowo pintar atau berwawasan luas, sementara 83% lainnya memilih Jokowi. 71% responden melihat Fauzi tegas tapi 68% menilai Jokowi tegas. Dan sebanyak 72% menilai Fauzi tidak cacat moral, sementara 69% menilai Jokowi tak cacat moral.

Survei LSI awal sampelnya ditetapkan sebanyak 800 orang, yang dipilih dengan metode stratified two-stage random sampling. Data yang dapat dianalisis sebanyak 399%. Diperkirakan margin of error sebesar lebih kurang 5% pada tingkat kepercayaan 95%. [yeh]

Komentar

x