Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 11:44 WIB

Iklan Kampanye Jokowi-Ahok

Panwaslu Siap Jadi Saksi untuk Iklan Prabowo

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 12 September 2012 | 22:38 WIB
Panwaslu Siap Jadi Saksi untuk Iklan Prabowo
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslu) DKI Jakarta menyatakan iklan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di beberapa media nasional melanggar dan bisa dibawa ke ranah hukum.

Panwaslu juga memberikan rekomendasi kasus pelanggaran tindak pidana pemilu ini dibawa ke ranah hukum dan Panwaslu siap menjadi saksinya. "Kita siap menjadi saksi ahlinya," singkat Ramdhan di kantornya Jalan Suryopranoto, Jakarta, Rabu, (12/9/2012).

Dia menjelaskan, tindaklanjut pelanggaran ini diserahkan kepada pihak pelapor yakni tim Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli untuk melaporkan kepada Polisi. "Iya kita sebagai pintu utama atau pengantar untuk masuk, yang melaporkan ya dari Tim Fauzi-Nachrowi," kata Ramdhan.

Menurutnya, apabila kasus itu sudah sampai ditangan penegak hukum, maka Panwaslu tidak akan ikut campur lagi, karena nantinya pelanggaran itu akan dilihat dari KUHP.

"Jadi, bukan lagi UU Pemilu karena sudah terjadi tindak pidana. Itu sudah ranah KUHP dan silahkan tim Fauzi-Nara kapan saja bisa melaporkan, nanti yang memutuskan Pengadilan," tandasnya.

Sebelumnya, Panwaslu DKI telah memutuskan bahwa Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) yang diketuai oleh Prabowo Subianto telah bersalah melanggar tindak pidana pemilu.

Ini sesuai dengan UU Pemda Tahun 2004 pasal 116 ayat (1) yang menyatakan bahwa setiap orang yang dengan sengaja melanggar kampanye di luar jadwal yang sudah ditentukan oleh KPU dapat dikenakan sanksi pidana penjara paling sedikit 15 hari dan paling lama 1 bulan, dan denda paling sedikit Rp 100 ribu dan paling banyak Rp 1 juta.[jat]

Komentar

Embed Widget

x