Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Maret 2019 | 00:29 WIB

Pengusuran Masjid dan Gereja

Fauzi Bowo: Tak Ada Penggusuran Tempat Ibadah

Oleh : Karel Stefanus Ratulangi | Jumat, 7 September 2012 | 16:01 WIB

Berita Terkait

Fauzi Bowo: Tak Ada Penggusuran Tempat Ibadah
Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo - inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menegaskan tidak ada rencana untuk menggusur dua rumah ibadah yang saling berdampingan yakni Masjid Al Muqarrabie dan Gereja Injil Sangihe Talaud Mahanaim, yang terletak di Jalan Enggano, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menepis isu kedua tempat ibadah yang letaknya berdampingan itu akan digusur untuk pembangunan pelebaran jalan. Menurutnya Jalan Enggano sudah mempunyai lebar yang ideal, dan tidak perlu di ubah lagi. Selain itu, Pemprov juga tidak mau menghilangkan simbol kerukunan beragama yang baik di Jakarta hanya untuk melebarkan jalan.

"Setiap tahun saya berkunjung ke Mesjid Al-Muqarrabien itu yang bersebelahan dengan Gereja, jadi itu adalah simbol kerukunan yang baik di Jakarta," ujarnya usai melaksanakan sholat Jumat di Masjid Jami Baitul Rahman, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat (7/9/2012).

Fauzi Bowo meminta semua pihak, untuk tidak termakan isu-isu yang tidak jelas, Menurutnya isu ini hanyalah digulirkan oleh pihak-pihak yang ingin membuat citra Pemprov DKI Jakarta menjadi buruk. "Jalan sudah ada ukurannya, dasarnya adalah rencana tata ruang DKI yang bisa dilihat di situs milik Pemda dan itu resmi dan bisa dipercaya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ia juga berterima kasih kepada semua umat beragama, khususnya warga Jakarta, yang sudah bersama-sama menjaga kota Jakarta sebagai kota yang nyaman untuk melaksanakan kegiatan beribadah.

Atas peran serta semua masyarakat, kondisi di Jakarta bisa terus kondusif, dengan demikian perekonomian kota bisa berjalan dengan lancar dan kota ini menjadi kota yang menyenangkan untuk semua. "Saya menitip kepada warga sekalian untuk meningkatkan kewaspadaan, sehingga dengan cegah dini kita bisa mengantisipasi tindak kejahatan dan teror," katanya.

Sebelumnya beredar kabar jika Masjid Al Muqarrabien dan Gereja Masehi Injil Sangihe Talaud Mahanaim, yang telah berdiri berdampingan selama puluhan tahun akan digusur untuk proyek pembangunan jalan. Selama ini, kedua bangunan tempat ibadah itu telah menjadi simbol kerukunan umat beragama.[bay]

Komentar

Embed Widget
x