Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 18:19 WIB

Terdesak Ekonomi Jelang Lebaran, Nandang Bobol ATM

Rabu, 15 Agustus 2012 | 15:55 WIB
Terdesak Ekonomi Jelang Lebaran, Nandang Bobol ATM
ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Karawang - Seorang warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Nandang Suryana, nekad membobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Jabar Banten di Jalan Raya Kosambi-Klari, Jawa Barat, lantara terdesak ekonominya untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

"Aksi pembobolan mesin ATM ini tindakan spontanitas, karena selama ini saya banyak utang, sulit memenuhi kebutuhan Lebaran, dan untuk memenuhi kebutuhan nikah yang akan renancananya digelar beberapa bulan ke depan," kata Nandang usai ditangkap polisi, Rabu (15/8/2012).

Dikatakannya, aksi pembobolan mesin ATM tersebut sudah direncanakan sejak di rumah, Kampung Babakan Jati, Desa Pancawati, Kecamatan Klari, Karawang, pada Selasa (14/8) dini hari. Dari rumahnya, ia harus berjalan sejauh sekitar sekilometer untuk sampai ke ATM Bank Jabar Banten Cabang Klari.

Sesampainya di ATM Bank Jabar Banten Cabang Klari, laki-laki berusia 30 tahun itu langsung menutupi sebagian wajahnya menggunakan masker dan berjaket bertudung. Hal tersebut dilakukan agar wajahnya tidak terlihat dari jaringan televisi pemantau (CCTV) di ATM.

Nandang langsung merusak mesin ATM dengan cara memukulkan palu besi ukuran besar ke mesin. Setelah itu satu pintu mesin ATM rusak, ia pun berusaha membuka brankas yang berisi uang tunai.

Tetapi, aksinya segera diketahui satuan pengamanan (satpam) bank di saat Nandang tengah berusaha membuka brankas.

Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor (Kanit Reskrim Polsek) Klari, AKP Esa Yuni Rizal, mengatakan bahwa ketika diketahui satpam dan aparat kepolisian yang sedang bertugas, Nandang langsung lari, dan akhirnya tertangkap warga setempat setelah diteriaki maling.

"Pelaku ditangkap sekitar 400 hingga 500 meter dari lokasi kejadian. Penangkapan dilakukan dengan dibantu oleh warga setempat," kata dia.

Dari penangkapan itu, petugas menyita satu palu besi ukuran besar, masker, jaket bertudung, dan rekaman CCTV peristiwa percobaan pembobolan mesin ATM Bank Jabar Banten yang berlokasi di jalan raya Kosambi-Klari. [ant]

Komentar

Embed Widget
x