Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 22:31 WIB

Upaya Penyelundupan Narkoba Tinggi

Rutan Pondok Bambu Sasaran Peredaran Sabu

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Kamis, 7 Juni 2012 | 03:00 WIB
Rutan Pondok Bambu Sasaran Peredaran Sabu
foto: Ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Upaya penyelundupan narkotika jenis sabu yang disembunyikan di dalam biji kuaci, ternyata bukan yang pertama kali. Bahkan dalam setahun terakhir, setidaknya dua upaya penyulundupan narkotika mampu digagalkan petugas Rutan wanita Pondok Bambu.

Kepala Pengamanan Rutan Pondok Bambu, Christo VN Toar menjelaskan, meski modusnya terbilang baru, namun upaya penyelundupan sabu di Rutan Pondok Bambu, bukan hal yang pertama. "sebelumnya juga banyak, tapi untuk tahun ini ada dua upaya yang dapat digagalkan petugas," kata Christo saat dihubungi INILAH.COM, Rabu (6/6/2012).

Dirinya tak mengelak jika banyaknya upaya penyelundupan narkotika yang cukup tinggi, menjadikan Rutan Pondok Bambu menjadi sasaran peredaran narkotika, khususnya jenis sabu-sabu. "Sebelumnya modus penyelundupan yang pernah digagalkan, yaitu dengan menyimpan sabu di dalam BH," terangnya.

Dijelaskannya, alasan Rutan Pondok Bambu menjadi sasaran perederan narkotika jenis sabu, dilatarbelakangi adanya sistem yang salah. Menurutnya adanya beberapa tahanan narkotika menjadi penyebab adanya upaya penyelundupan sabu ke Rutan Pondok Bambu.

"Tahanan narkotika yang mungkin telah menganggap sabu sebagai kebutuhan seharusnya ditempatkan ditempat rehabilitasi ketergantungan obat-obatan terlarang, bukan di rumah tahanan seperti ini. Ketergantungan itulah yang mengharuskan mereka mengkonsumsi. Sehingga ada upaya penyelindupan," terangnya.[dit]

Komentar

x