Find and Follow Us

Sabtu, 16 November 2019 | 05:46 WIB

Sekolah RSBI Boleh Pungut Sumbangan Orang Tua

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Kamis, 7 Juni 2012 | 01:40 WIB
Sekolah RSBI Boleh Pungut Sumbangan Orang Tua
Foto: Ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Meski Pemprov DKI Jakarta telah melarang keras sekolah negeri untuk memungut sumbangan terhadap orangtua siswa baru, namun hal itu tak berlaku bagi sekolah-sekolah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

"Pada sekolah berstatus RSBI diperbolehkan, karena memiliki kelas internasional yang harus menyediakan standar kelas dengan standar kelas internasional," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, di Jakarta, Rabu (6/6/2012).

Meski demikian, terang Taufik, untuk membicarakan biaya-biaya pendidikan lain harus dibicarakan sesudah peserta didik diterima atau proses penerimaan peserta didik baru selesai.

"Paling tidak sesudah Lebaran, atau bulan September 2012, bisa dilakukan pertemuan untuk membicarakan bagaimana pembiayaan di sekolah, terutama di SDN, SMPN, SMAN dan SMKN RSBI," ujarnya.

Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal Disdik DKI, Istaryatiningtis, menerangkan untuk pembangunan ruang kelas baru, ruang perpustakaan dan laboratorium, sekolah bisa mengajukan permohonan dana dekonsentrasi melalui anggaran block grand dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Saya anjurkan, optimalkan program dana block grand itu. Sekolah tinggal mengajukan proposal kepada Kemendikbud, karena mereka sudah mengalokasikan dana dekonsentrasi yang lumanay besar. Kalau kebutuhannya sesuai seperti membeli bangku dan meja, setiap sekolah dialokasikan sekitar Rp200 hingga 300 juta per sekolah. Nanti pihak Kemendikbud akan verifikasi sekolah tersebut," terangnya.[dit]

Komentar

Embed Widget
x