Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 13:08 WIB

Mobil Dinas DKI Dilarang Pakai Premium

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Jumat, 1 Juni 2012 | 00:14 WIB
Mobil Dinas DKI Dilarang Pakai Premium
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Terkait langkah penghematan energi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengambil kebijakan melarang penggunaan bahan bakar premium pada kendaraan dinas Pemprov DKI Jakarta. Hal itu akan diberlakukan mulai Senin (4/6/2012) mendatang.

Intruksi larangan penggunaan premium bagi kendaraan dinas, diintruksikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta kepada seluruh jajaran pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. "Pegawai dilarang menggunakan bahan bakar premium dan beralih mengkonsumsi bahan bakar non subsidi seperti Pertamax," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Provinsi DKI, Sugiyanta, Kamis (31/5/2012).

Selain itu, lanjut Sugiyanta, setiap pegawai wajib mematikan lampu dan alat-alat elektronik yang tidak digunakan. Kemudian jika akan menghadiri suatu acara atau rapat di luar kantor, PNS diinstruksikan berangkat bersama-sama dalam satu kendaraan sehingga menghemat bahan bakar. "Artinya pejabat yang akan menghadiri satu acara yang sama, sebaiknya berangkat berkelompok dalam satu kendaraan dinas," ujar Sugiyanta.

Tak hanya itu, penghematan yang dilakukan, lanjutnya, dibuktikan dalam setiap pembangunan atau perbaikan gedung bangunan milik Pemprov DKI, selalu berkonsep green building, termasuk renovasi Gedung Blok G Balaikota dimana semua lampu yang dipasang bersumber dari tenaga matahari (solar cell).

Ke depan aksi hemat energi akan semakin digalakkan dengan daur ulang air untuk kegiatan sehari-hari di kantor, dan penggunaan 3.090 lampu hemat energi dengan teknologi light emmiting diode (LED). Contoh nyata lainnya, di bidang transportasi, ratusan bus Transjakarta mulai koridor 2 hingga 11 sudah menggunakan bahan bakar gas yang ramah lingkungan. [ton]

Komentar

x