Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 18:17 WIB

Penyelundupan Sabu di Tanjung Priok

Menkeu Sayangkan Sabu 351 Kg Lolos di Pelabuhan

Oleh : Bayu Hermawan | Selasa, 22 Mei 2012 | 20:53 WIB
Menkeu Sayangkan Sabu 351 Kg Lolos di Pelabuhan
Agus Martowardoyo - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Agus Martowardoyo menegaskan, kasus lolosnya narkoba jenis sabu seberat 351 Kg atau senilai Rp702 miliar, melalui pelabuhan Tanjung Priok harus diungkap, termasuk mengusut dugaan keterlibatan oknum Bea Cukai Tanjung Priok.

Menteri Keuangan Agus Martowardoyo, mengatakan dia menyesalkan kasus tersebut terjadi di Bea Cukai Tanjung Priok. Untuk itu dia mengatakan kasus tersebut harus bisa diungkap, serta semua pihak yang terlibat dalam kasus penyelundupan itu harus ditangkap. "Yang ditangkap itu yang mesti dicatet. Karena begitu banyak yang bisa ditangkap," ujarnya, di Jakarta, Selasa (22/5/2012).

Secara umum, Agus mengatakan pengawasan di bea cukai telah cukup baik. Namun dia berjanji akan mengecek kembali kasus lolosnya sabu-sabu dari pengawasan bea cukai. "Efektifitas penangkapan upaya penyelundupan bea cukai sdh cukup baik," ucapnya.

Seperti diketahui Kepolisian Polda Metro Jaya berhasil mengungkapkan penyelundupan 351 kilogram sabu pada 10 Mei lalu. Sabu itu dapat lolos via bea cukai tanjung priok namun berhasil digagalkan kepolisian.

Polda Metro saat ini telah memeriksa 4 saksi terdiri dari sopir kontener dan kuli pengangkut. Kepala Subdirektorat Psikotropika Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Eko Saputro Eko menjelaskan pihaknya saat ini masih memburu pemasok barang haram yang berhasil masuk ke Tanjungpriok dengan manifes makanan ikan tersebut. "Cari pemasoknya (DPO) dulu, nanti kelihatan nomor konten (registrasi) berapa? siapa oknum bea cukai yang memeriksa," ucapnya.

Lebih jauh dirinya memastikan, pihaknya akan memeriksa pemilik gudang yang dinilai telah teledor sehingga sabu-sabu ditengarai asal Cina tersebut bisa lolos. Dia juga mengatakan pihaknya akan terus melakukan penelusuran untuk mengungkap semua pelaku terlibat, termasuk oknum bea cukai yang bermain.[bay]

Komentar

Embed Widget
x