Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 06:45 WIB

Foke Diskusikan Angkutan Massal dengan UGM

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Selasa, 22 Mei 2012 | 20:05 WIB
Foke Diskusikan Angkutan Massal dengan UGM
Fauzi Bowo - inilah.com/Ardhy Fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, bertemu dengan Kepala Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, untuk membahas tentang angkutan massal di Jakarta.

Pusat Studi Transportasi dan Logistik UGM, dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, sepakat jika kebutuhan angkutan massal di Ibukota Jakarta dirasa cukup mendesak. Bahkan kehadirannya menjadi harga mati dalam mengurai kemacetan di Jakarta.

"Pemprov DKI Jakarta perlu konsep angkutan barang yang terinterigrasi. Dalam Pola Transportasi Makro (PTM) itu kan belum dirinci. Itu merupakan suatu kajian pelengkap yang sangat dibutuhkan oleh Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo di Jakarta, Selasa (22/5/2012).

Pria yang akrab disapa Foke ini mengatakan, saat ini ahli transportasi dari UGM tersebut masih sebatas meminta dukungan dari DKI Jakarta, terkait pengelolaan transportasi massal dan barang. "Kita akan dukung, khusus untuk DKI saya berharap kajian itu bisa berbentuk nanti suatu pola dasar yang lengkap di PTM," ucapnya.

Sementara itu, menanggapi masalah sistem transportasi massal di Jakarta, Kepala Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (UGM), Heru Sutomo mengatakan, kebijakan pemerintah untuk memperbaiki sistim transportasi massal, khususnya busway dinilai baik demi meningkatkan pelayan terhadap masyarakat.

Hanya saja, sampai saat ini pelayanan yang diberikan masih kurang sehingga banyak masyarakat yang masih belum beralih pada kendaraan umum.

"Kalau fokusnya pada infrastruktur, seperti pembangunan halte busway yang lebih baik, pintu halte diperbaiki hingga keamanan, kenyamanan dan keselamatan penumpang terjamin, akan mengundang masyarakat Jakarta untuk menggunakan transportasi massal," ucap Heru.[bay]

Komentar

x