Sabtu, 19 April 2014 | 14:44 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kemenangan Airin Dan Dinasti Ratu Atut
Headline
Airin Rachmi Diany - Foto: Istimewa
Oleh: Irfan Fikri
metropolitan - Rabu, 17 November 2010 | 21:05 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Tangerang – Senyum puas menghiasi wajah cantik Airin Rachmi Diany. Sore itu, Rabu (17/11/2010) saat KPU Tangerang Selatan mengumumkan hasil rekapitulasi pemilukada, ternyata Airin yang menoreh suara terbanyak. Ibu dua anak ini pun berhak atas kursi Walikota Tangerang Selatan periode 2011-2016.

Tak banyak kata yang terucap dari mulut Airin saat dinyatakan menang. Dia hanya mengucapkan terimakasih atas dukungan banyak pihak. Tapi Airin bukanlah orang sembarangan. Dia adik ipar dari Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. Airin sumringah luar biasa. Walau kemenangannya tipis sekali. "Terima kasih atas dukungan," ucap Airin sambil sibuk menyalami para pendukungnya di Wisma Syahida UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sore tadi.

Memang kemenangan Airin banyak diduga sejak awal oleh banyak kalangan. Pasalnya bisa dilihat kasat mata Airin ditopang sumber dana yang lumayan besar. Maklum saja, sang suaminya, Heri Wardana, adalah seorang pengusaha ternama. Heri itulah yang merupakan adik kandung Atut. Tapi keluarga besar Airin sendiri juga bukanlah dari kaum proletar. Keluarganya banyak berasal dari kalangan birokrat. Inilah yang jadi modal besar Airin merebut kursi Tangsel-1.

Sejatinya Airin juga pernah takluk tatkala pemilukada periode lalu. Saat itu dia bertemu dengan lawan berat, pasangan incumbent, Ismeth Iskandar. Kebetulan Ismeth berpasangan dengan aktris senior, Rano Karno. Kekalahannya periode lalu membuat pelajaran berarti bagi Airin untuk banyak belajar. Hal itu ternyata terbukti. Airin kini bisa merebut singgasana utama di Tangsel ini.

Namun banyak pihak menganalisis kemenangan Airin ini semakin melegitimasi kekuatan keluarga besar Atut dan ayahnya, Chasan Sochib, menggengam Banten.

Memang Chasan Sochib, adalah sosok yang sangat kuat pengaruhnya di Banten. Kelompoknya dikenal sebagai Kelompok Rawu yang mendominasi pengusaha lokal. Generasi kedua Chasan inilah yang kemudian merambah ke jaringan pemerintahan. Tak hanya eksekutif, tapi juga kursi legislatif, banyak diisi kalangan keluarga dan kerabat mereka.

Suami Atut, Hikmat Tomet juga anggota DPR RI dari fraksi Golkar. Sedangkan putranya Andika Hazrumy adalah anggota DPD terpilih periode 2009-2014. Istri dari Andika atau menantu Atut, juga anggota DPRD terpilih di daerahnya dari Partai Golkar.

Sementara itu, adik Atut sendiri, Ratu Tatu Chasanah juga merupakan anggota DPRD terpilih di Provinsi Banten. Demikian pula adik iparnya Aden Abdul Khaliq, yang menjadi anggota DPRD I Banten. Saudara sepupu Atut, Ratu Ella Syatibi juga terpilih sebagai anggota DPRD Banten. Bahkan ibu tiri Atut, Ratna Komalasari juga terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Pandeglang.

Sebelum Airin menang di Pemilukada Tangsel. saudara iparnya, Tb H Khaerul Zaman adalah adik tiri, terpilih menjadi wakil walikota Serang.

Bisa dipastikan, tahun depan, Atut dan relawannya akan bergerak kembali. Kelompok massa pendukung Atut kini menabalkan namanya dengan “Relawan Banten Bersatu” (RBB). Inilah mesin pendukung Atut di Banten. Menkelang pemilukada di Banten, kemungkinan mesin itu akan kembali menyala. Tapi yang jelas, sore ini sudah membuktikan kedigdayaan dinasti Atut di Banten. (irw)

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
2 Komentar
benteng mabok
Senin, 22 November 2010 | 17:20 WIB
dinasti kasan, dan atut ini bikin banten kacau balau, korupsi merajalela, pembangunan ngga ada
sam
Kamis, 18 November 2010 | 09:28 WIB
Mirip keluarga Yasin Limpo di Sulawesi Selatan...
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.