Jumat, 29 Agustus 2014 | 19:00 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Bergemuruh, Sinabung Meletus Lagi!
Headline
IST
Oleh:
metropolitan - Jumat, 3 September 2010 | 07:52 WIB
INILAH.COM, Medan - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus dengan mengeluarkan suara bergemuruh dan mengeluarkan asap tebal.

Pantauan dari Desa Perteguhan, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Karo, Jumat (3/9), Gunung Sinabung terasa mulai beraktivitas sekitar pukul 04.50 WIB.

Aktivitas gunung tersebut ditandai dengan suara gemuruh disertai dengan gempa vulkanik yang mengejutkan warga. Juga tampak asap tebal keluar dari puncak gunung.

Warga yang tengah berada di rumah-rumah mereka tampak mengambil sikap waspada di depan rumah mereka, demikian juga yang berada di lokasi-lokasi pengungsian. Guncangan gempa vulkanik yang diserta suara gemuruh terjadi sekitar satu menit lebih.

Gunung Sinabung meletus pertama kali pada Minggu 29 Agustus dinihari pukul 00.08 WIB serta mengeluarkan asap dan abu tebal yang disertai lontaran lava pijar. Gunung tersebut kembali meletus dan mengeluarkan abu tebal pada Senin 30 Agustus sekitar pukul 06.27 WIB.

Akibat musibah itu, puluhan ribu warga telah diungsikan ke sejumlah lokasi yang dianggap aman dengan radius minimal enam kilometer dari kaki gunung itu. [ant/mut/nic]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER