Selasa, 23 September 2014 | 15:17 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Bandara Sumut Tak Miliki Alat Bantu Navigasi
Headline
Oleh:
metropolitan - Senin, 14 Januari 2008 | 19:36 WIB
INILAH.COM, Medan - Sebagian besar bandar udara di Sumatera Utara tidak dilengkapi alat bantu navigasi yang berfungsi sebagai penunjuk arah dan jarak bagi pesawat yang disebut VOR (Very high frequency Omnidirectional Range).

"Enam dari tujuh jumlah bandara di Sumut hingga kini belum memiliki peralatan navigasi yang standar sesuai kelayakan dunia penerbangan," ujar Kasubdin Udara Dinas Perhubungan Sumut, Tolopan Simamora, Senin (14/1) di Medan.

Keenam bandara yang dimaksud, yakni Bandara Silangit (Tapanuli Utara), Sibisa (Toba Samosir), Pinang Sori (Sibolga), Binaka (Nias), Aek Godang (Padang Sidempuan) dan Bandara Lasondre (Nias Selatan).

Padahal sejumlah bandara kecil itu telah didarati oleh pesawat komersial berbadan kecil, baik yang bersifat reguler setiap hari maupun sewa. Di antaranya, Susi Air yang menggunakan Cessna serta Merpati yang menggunakan Fokker. Keduanya terbang dari Bandara Polonia, Medan.

Menurut Simamora, bandara kecil itu hanya mengandalkan alat bantu navigasi untuk didarati pesawat seperti Nondirectional Radio Beacon (NDB) yang tidak mampu menampilkan akurasi data pada pilot. "Praktis bandara kecil itu hanya menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS). Dengan bantuan itu, jika pesawat telah sampai di bandara tujuan maka lampu di ruang kokpit pilot akan menyala," tuturnya.

Keterbatasan dana dari pemerintah pusat selaku pengelola bandara di Sumut itu, menurut Simamora, menjadi kendala. Namum, lanjutnya, pada tahun ini berdasarkan persetujuan Departemen Perhubungan akhir 2007, VOR akan dipasang di Bandara Silangit.

Di tempat yang sama, Kasi Keselamatan Penerbangan Dinas Perhubungan Sumut, Heriyono, menjelaskan, VOR bagi pesawat terbang, berfungsi sebagai alat bantu penunjuk arah pesawat dan alat penunjuk jarak yang memandu sampai ke tujuan.

"Peralatan itu (VOR) berperan besar bagi lalu lintas pesawat di udara maupun ketika hendak mendarat. Apalagi kondisi cuaca yang buruk belakangan ini bisa menyebabkan pesawat yang menuju ke bandara kecil di Sumut itu kesasar", ujarnya. [Ant/Nusantara]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER