Minggu, 21 Desember 2014 | 11:01 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Melancarkan Peredaran Darah
Oleh:
metropolitan - Minggu, 9 November 2008 | 06:00 WIB
Mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati. Sehat merupakan anugerah Tuhan yang tak ternilai harganya. Sudah menjadi kebiasaan orang, pada saat tubuhnya sehat lupa untuk menjaga badan dari gangguan penyakit.

Menjaga tubuh dari gangguan penyakit, juga berarti belajar disiplin hidup. Agar badan dan stamina tetap konstan, perlu suplai zat-zat tubuh atau mineral secara lancar. Kita semua tahu, supaya energi lancar harus diangkut dan disalurkan ke seluruh jaringan tubuh.

Sepertiga dari berat badan adalah cairan. Pada laki-laki dewasa memiliki jumlah darah kira-kira lima liter, sedang pada kaum wanita dewasa empat liter. Darah dalam tubuh manusia merupakan kendaraan angkut satu-satunya. Sebagai pengedar mineral ke jaringan tubuh.

Sport massage sebagian dari cara menjaga kelancaran peredaraan darah. Teknik bentuk pegangan pijat, harus dilakukan secara supel dan kontinyu serta taktis agar dapat merawat pembuluh vena.

Caranya dengan membuka penyumbatan-penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh vena. Merangsang ganglion atau simpul-simpul syaraf dan pusat syaraf, serta mempengaruhi fungsi-fungsi kelenjar.

Sesuai dengan teori massage, tindakan pijat ditujukan untuk melancarkan peredaran darah dan getah bening. Kemudian menghacurkan miyoglosis atau asam susu yang telah menggumpal atau mengeras, di sel-sel otot. Memperbaiki proses metabolisme di dalam tubuh. Dan menyempurnakan proses pembagian zat-zat makanan ke seluruh tubuh.

Dilihat dari sisi efek negatif, tindakan pijat aman dan alami. Gerakangerakan manipualsi sport massage mampu mendayakan ketahanan tubuh tanpa harus memasukkan obat ke dalam tubuh. Misalnya urat leher tegang, kram betis, hernia, atau turun berok.

Proses penyembuhan setiap pengobatan selalu melalui tahapan-tahapan sesuai tingkat derajat penyakitnya. Sangat berbeda untuk tindakan mencegah atau pembinaan. Dengan kondisi badan baik dan kuat, jaringan-jaringan tubuh akan lebih kuat dalam menangkis segala gangguan penyakit.

Segmen massage bagian dari sport massage yaitu pijat yang dilakukan untuk pertolongan pengobatan atau penyembuhan penyakit. Segmen artinya sepasang batang syaraf yang keluar dari medula spinalis.

Segmen massage berarti pijat yang dilakukan untuk menolong, mengobati atau meringankan gangguan penderitaan seseorang. Caranya dengan melakukan pemijatan pada bagian anggota tubuh yang sakit dan jaringan-jaringan tubuh lainnya yang berhubungan secara langsung.

Tiap bagian anggota tubuh itu dikontrol kerjanya oleh syaraf dan setiap syaraf bekerja di dalam tubuh mempunyai hubungan langsung dengan syaraf-syaraf yang keluar dari medula spinalis. Contoh sakit kepala, migren, vertigo, insomnia, atau hipertensi.

Tidak betul bila hanya merawat pada segmen ini, servikali C1 (ruas leher pertama) tetapi juga harus merawat jaringan bagian anggota tubuh lain yang berhubungan. Misalnya syaraf kepala, otot-otot leher dan bahu. Seperti musculus levator scapulae, musculus rhomboidios mayor minor, musculus supra spinates, musculus infra supinatus.

Bagian anggota tubuh yang dilakukan pemijatan adalah bagian leher, tengkuk, bahu, kepala, dan muka. Dari gerakan-gerakan pemijatan diharapkan dapat menghancurkan sisa-sia pembakaran atau melancarkan proses pembuangan miyoglosis. Serta melancarkan peredaran darah dan getah bening.

Tindakan segmen massage dapat dikerjakan kalau urat-urat pasien dalam keadaan rileks. Tapi bila keadaan otot-otot tegang, terdapat penyumbatan dalam pembuluh vena, lakukan dulu sentuhan pijatan untuk merileksasi tubuh.

Segmentasi bisa dipakai untuk pencegahan atau pengobatan orang dewasa, anak-anak, dan orang tua. Pada anak-anak dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, mendorong pertumbuhan badan menjadi subur dan meningkatkan kecerdasan otak.
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER