Jumat, 18 April 2014 | 12:30 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kebakaran Hutan di Riau Meluas
Headline
istimewa
Oleh:
metropolitan - Rabu, 13 Agustus 2008 | 18:00 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Pekanbaru - Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Kota Pekanbaru, kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap di Provinsi Riau terus meluas.

Pantauan terakhir satelit NOAA 18 menunjukan ada 53 titik api (hotspot) akibat kebakaran hutan dan lahan yang terdeteksi di wilayah Riau.

"Dari 53 titik api tersebut yang terbanyak yakni 15 titik berada di Kabupaten Rokan Hilir, 12 di Rokan Hulu, empat di Bengkalis, enam di Siak, dua di Kota Pekanbaru, dan tiga di Kampar," kata staf analisa BMG Kota Pekanbaru, Marzuki, di Pekanbaru, Rabu (13/8).

Marzuki menambahkan, terdapat 2 titik api di Pelalawan, 5 di Indragiri Hulu, 1 titik di Indragiri Hilir, dan 3 di Kuantan Singingi.

Padahal, berdasarkan hasil pantauan satelit NOAA 18 sebelumnya yakni pada Selasa (12/8) titik api yang terdeteksi di Riau hanya empat titik. Empat titik tersebut keseluruhannya berada di Kabupaten Indragiri Hilir.

Sedikitnya jumlah titik api di Riau pada saat itu menurut BMG disebabkan oleh adanya hujan dengan intensitas sedang yang mengguyur hampir seluruh wilayah Provinsi Riau pada Selasa.

Tetapi, karena curah hujan kembali berkurang pada hari Rabu maka kebakaran hutan dan lahan di Riau kembali muncul bahkan berada pada 10 kabupaten dari 11 kabupaten/kota yang ada di Riau.

"Hanya kota Dumai yang di wilayahnya tidak terdeteksi adanya hotspot," kata Marzuki.

Karena itu, BMG mengingatkan kepada masyarakat maupun perusahaan di Riau untuk tidak melakukan pembukaan hutan dan lahan dengan cara membakar karena di musim kemarau ini indeks kekeringan dan penyulutan api masih tergolong tinggi.[*/L6]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.